Cara Menambah Ampere Charger Hp Dengan Komponen Sederhana

Cara Menambah Ampere Charger Hp Dengan Komponen Sederhana
Cara Menambah Ampere Charger Hp Dengan Komponen Sederhana
Charger merupakan alat yang sangat penting. Saking pentingnya alat ini, orang-orang tidak akan lupa membawanya kemanapun. Berbicara mengenai charger, saat ini tersedia beragam pilihan charger. Salah satunya ada yang bisa mengisi daya dengan sangat cepat. Khusus untuk charger dengan jenis seperti ini, memiliki output 2 ampere atau lebih. Untuk mendapatkan charger dengan output 2 ampere, tidak hanya dengan membelinya namun ada juga cara menambah ampere charger hp.

Ketika ingin menambah ampere charger hp untuk menambah kecepatan pengisian baterai, ada yang harus anda tahu. Tidak semua smartphone cocok dengan tipe charger seperti ini. Bahkan jika dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan pada charger jika batas daya input maksimum baterai terlampaui. Tetapi sekarang, banyak smartphone keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur quick charging yang memungkinkan melakukan pengisian ulang baterai dengan sangat cepat.
Faktor yang menentukan kecepatan charging pada smartphone

Sebelum membahas cara menambah ampere charger hp, kita harus mengetahui dulu faktor yang menentukan kecepatan isi ulang baterai pada smartphone. Kecepatan pengisian daya baterai memang berbeda-beda, tergantung pada fitur dan kemampuan yang dimiliki smartphone. Baik itu hardware maupun processor hingga charger itu sendiri. sedangkan dari sisi software, tampilan UI dan aplikasi yang sedang aktif juga mempengaruhi kecepatan pengisian baterai.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

1. Processor smartphone: processor memiliki andil yang sangat besar bagi kecepatan mengisi baterai. Bahkan salah satu vendor processor populer seperti qualcomm menawarkan fitur quick charge yang bisa mempersingkat pengisian baterai. Quick charge versi 2.0 bisa mengisi baterai 0-60% hanya dalam waktu 30 menit.

2. Aplikasi yang sedang aktif atau berjalan: aplikasi yang sedang berjalan membutuhkan alokasi daya tersendiri untuk terus aktif. Hal ini bertentangan dengan proses pengisian baterai. Sebaiknya anda menonaktifkan ponsel dan mengeluarkan aplikasi secara benar saat sedang mengisi daya baterai.

3. Kapasitas dan tipe charger: jika output dan ampere voltase chargeran makin besar, maka semakin besar pula proses chargingnya. Rata-rata chargeran memiliki output 0,5A (biasanya anda membutuhkan waktu semalaman untuk isi daya baterai). Namun ada beberapa chargeran yang memiliki output hingga 1A bahkan 2A. Untuk mendapatkan chargeran dengan output 2A, tidak jarang orang menambah output chargeran mereka sendiri. Cara menambah ampere charger hp akan kami bahas berikut ini.

Rangkaian charger hp memiliki rangkaian umum yang sederhana. Khusus untuk rangkaian charger hp dengan output 2A, rangkaian sirkuit otomatisnya adalah:

Sirkuit ini selain menggunakan diode jembatan, juga menggunakan tipe IC LM7806. Anda bisa mendapatkan IC ini dengan mudah dengan membelinya di toko penjual komponen elektronik di sekitar kediaman anda. Untuk lebih jelasnya, daftar komponen yang diperlukan sebagai cara menambah ampere charger hp berdasarkan sirkuit adalah:

• Resistor R1: 1K

• R2: Resistor 47R

• R3: Resistor 10R

• R4: Resistor 47R

• C1: Capacitor 1000Uf-25V

• D1: LED warna bebas

• D2: LED warna bebas

• D3: LED warna bebas

• D4: Diode 1N4007

• D5: Dioda 1N4007

• IC1: IC LM7806

• T1: 9VAC 250Ma Transformer

• BR1: 1A Dioda jembatan

Jika anda menginginkan skema rangkaian yang lain, anda bisa mengikuti rangkaian sirkuit di bawah ini. Sirkuit ini menggunakan beberapa transistor dan tipe IC TL431C.

Demikianlah cara menambah ampere charger hp dengan menggunakan komponen elektronik sederhana yang ada di sekitar anda.

Cara Menambah Ampere Charger Hp Dengan Komponen Sederhana Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag