Senin, 21 Mei 2018

Cara Cek Kk Online Yang Aman

Semua keluarga di indonesia wajib memiliki KK atau kartu keluarga. Kartu keluarga tidak hanya digunakan untuk identitas dan data diri saja. Tapi juga digunakan untuk urusan pemerintahan. Seperti pembuatan KTP, ijazah, atau surat-surat lainnya. Oleh karena itu wajib untuk memiliki KK bagi setiap keluarga di indonesia. Dengan kecanggihan teknologi, saat ini lebih mudah untuk melakukan cek kartu keluarga. Bahkan sudah ada cara cek kk online yang aman.
Mungkin saat ini, anda berada di luar kota dan kk berada di rumah. Tidak bisa melakukan pengecekan atau menghubungi keluarga di rumah. Anda bisa melakukan pengecekan secara online. Cara ini sangat mudah dan aman. Dari pihak kementrian dalam negeri memang memberikan program untuk memudahkan semua warga. Tidak hanya digunakan untuk cek nomor kartu keluarga saja tapi juga kartu tanda penduduk (KTP).

Ini memudahkan untuk anda mengecek status NIK milik anda. Mencari data diri pun, tak perlu repot-repot menghubungi orang rumah. Karena di NIK juga sudah terdapat nomor KTP milik anda. Ketika kartu keluarga rusak atau hilang pun, anda bisa mengurusnya dengan lebih cepat. Karena semuanya sudah terhubung langsung secara online. Tersimpan di sebuah server milik pemerintah dengan aman.

Langkah Cek KK Online

Kartu keluarga menjadi dokumen penting yang harus dimiliki oleh semua keluarga di indonesia. Dokumen ini berisi data anggota keluarga. Dari ayah, ibu dan anak. Bisa juga memasukkan keluarga lain. Di dokumen tersebut, akan ada NIK, tanggal lahir, status, pekerjaan dan lain sebagainya. Nomor kk ini terdiri dari 16 digit. Di setiap provinsi memiliki kode yang berbeda-beda.
Untuk melakukan cara cek kk online, anda harus tahu niknya terlebih dahulu. Jadi pastikan untuk selalu catat nomor NIK itu dengan baik. Langkah lengkapnya seperti berikut ini:

• Masuk ke website http://dukcapil. Kemendagri.go.id

• Masukan nomor NIK milik anda.

• Nanti akan tertulis lengkap data diri dari kk tersebut.

Selain melalui website resmi kementrain dalam negeri. Anda juga bisa cek kk di website resmi dukcapil setiap provinsi. Cara ini sangat aman dilakukan. Asalkan anda tidak memberitahukan NIK milik anda ke orang lain. Keberadaan NIK ini sangat penting. Karena digunakan untuk pendaftaran nomor telepon anda.

Pemerintah memang sedang menggerakkan sistem online di semua aspek. Termasuk untuk data diri nomor ponsel, KK, KTP dan lainnya. Sehingga semua dokumen warga dapat dicek secara online. Untuk meminimalisir terjadinya penipuan. Jadi sekarang, anda lebih mudah untuk mengakses semuanya. Apalagi saat ini internet menjadi hal penting bagi semua orang.

Tak perlu membawa KK kemana-kemana. Cukup lakukan pengecekan secara online. Mungkin ke depannya akan lebih mudah lagi. Tidak menggunakan website, tapi aplikasi. Di dalam satu aplikasi, tapi bisa cek semua dokumen penting miliki warga. Semua pembuatan dokumen pun bisa dilakukan dengan online. Karena tanpa kita sadari, teknologi akan tetap kita butuhkan. Tidak bisa dilakukan secara manual seperti dulu.

Berharap pemerintah, bisa memperbaiki semua sistemnya dengan lebih baik lagi. Tidak ada kebocoran data atau kesulitan dalam mengurus dokumen. Karena beberapa tahun ke depan, semuanya akan terhubung secara online. Teknologi lebih dominan, oleh karena itu kita harus mulai belajar. Jangan mau ketinggalan dengan teknologi dan akhirnya tidak tahu apa-apa. Sekian artikel tentang cara cek kk online. Semoga bermanfaat.
Cara Cek Kk Online Yang Aman Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag

0 komentar:

Posting Komentar