Senin, 26 September 2016

Tahu Perbedaan Tema dan Judul Sebelum Membuat Karangan

loading...
Dalam sebuah karangan atau tulisan pasti memiliki tema dan juga judul. Keduanya merupakan pendukung sebuah karangan itu baik atau tidak. Tema tak sama dengan judul, ada beberapa perbedaan tema dan judul yang harus diketahui oleh setiap pengarang. Dengan memahami perbedaan tema dan judul maka sebuah karangan yang baik akan dihasilkan.

Tema diambil dari bahasa Yunani "Thithenai" yang artinya hal yang sudah dijelaskan atau hal yang sudah ditempatkan. Tema adalah amanat pokok yang diungkapkan pengarang lewat tulisannya. Tema menjadi pokok pikiran yang mendasari karangan yang hendak ditulis. Tema akan menentukan arah karangan atau tujuan penulisan. Dalam tiap tulisan tentu memiliki sebuah tema termasuk cerpen, puisi, novel dan jenis-jenis tulisan lain. Tema pun menjadi faktor utama yang diperhatikan pembaca. Bila tulisan memiliki tema menarik maka pembaca pun antusias untuk membacanya.

Tema bisa diambil dari hal-hal yang menarik perhatian pengarang. Pengarang akan berusaha mencari data untuk melengkapi tulisannya nanti. Penulis bisa melakukan penelitian, wawancara, observasi atau yang lainnya. Suatu tema yang baik mesti dipertimbangkan apakah bahan-bahannya tersedia cukup atau tidak. Tema jangan terlalu umum dan luas sehingga tak mampu untuk ditulis dengan baik. Untuk itu akan bijaksana jika dibatasi cakupan lingkupnya.

Sementara judul yaitu gambaran pendek sebuah artikel atau dinamakan pula sebagai miniatur isi bahasan. Judul sebaiknya ringkas, padat namun tetap menarik. Judul sebuah tulisan diupayakan tak melebihi lima kata namun sudah bisa melukiskan isi bahasan. Judul pun menjadi nama yang digunakan untuk sebuah buku, bab dan kepala berita. Judul merupakan penjabaran sebuah topik. Judul bersifat spesifik yang menyiratkan persoalan yang hendak ditulis. Namun judul tak mesti persis dengan topik sebab bila topik sekaligus juga judul maka tulisan akan bersifat umum dengan cakupan luas. Judul dipikirkan sesudah tema dibuat tulisannya dengan begitu judul akan sesuai dengan tema. Judul yang baik hampir pasti bisa menarik perhatian pembaca. Judul cuma menyebutkan ciri-ciri pokok tulisan dengan begitu pembaca bisa membayangkan apa yang nantinya dijelaskan dalam tulisan tersebut.

Judul yang baik harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

- Orisinil, tidak boleh memakai judul yang pernah digunakan. Namun jika terpaksa harus sama maka gunakan sinonimnya.
- Relevan, sesudah tulisan selesai dibuat, baca kembali kemudian temukanlah judul yang relevan. Relevan artinya harus memiliki keterkaitan dengan tema atau pertalian dengan beberapa bagian utama dari tema.
- Provokatif, sebuah judul jangan kelewat sederhana, yang artinya pembaca dengan mudah memperkirakan isi tulisan. Bila sudah bisa diterka maka pembaca tak akan berminat lagi meneruskan membaca tulisan tersebut.
- Singkat, sebuah judul jangan bertele-tele tapi mesti singkat dan langsung ke pokok yang hendak dibahas.  
- Mesti berupa frasa.
- Permulaan kata harus berupa huruf besar selain kata preposisi dan konjungsi.
- Bebas tanda baca pada akhir judul tulisan.
- Bisa menarik perhatian.
- Masuk akal.
- Sesuai isi tulisan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tahu Perbedaan Tema dan Judul Sebelum Membuat Karangan