Langsung ke konten utama

Perbedaan Produk Barang dan Jasa

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat selalu bersentuhan dengan produk barang dan jasa. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung kepada manusia lain dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan tersedianya produk barang dan produk jasa maka manusia bisa memenuhi segala kebutuhan dan keinginan mereka. Bagi sebagian orang mungkin masih bingung membedakan produk barang dengan produk jasa.


Secara kasat mata perbedaan produk barang dan jasa sebenarnya sudah sukup jelas. Misalnya mobil adalah produk barang yang nyata wujudnya. Sementara bengkel servis mobil adalah produk jasa yang tak terlihat wujudnya sebelum dibeli. Dalam sebuah pemasaran adakalanya produsen menggabungkan penjualan produk barang dengan jasa. Misalnya dealer mobil yang sekaligus juga melayani servicenya.

Produk barang merupakan komoditas berwujud untuk mencukupi kebutuhan manusia yang membutuhkannya. Produk barang ini contohnya seperti baju, makanan, perhiasan, kendaraan dan sebagainya. Setiap produk barang biasanya memiliki unsur-unsur : desain, daya tahan, kelebihan, kemasan dan merek.
Sementara produk jasa yaitu produk tak berbentuk yang umumnya adalah pelayanan yang diperlukan masyarakat. Usaha yang menjual jasa diantaranya perguruan tinggi, rumah sakit, salon kecantikan, bengkel motor, sekolah, psikiater, cleaning service, asuransi, jasa audit dan bimbingan belajar. Produk jasa agar terus laku dan dibutuhkan konsumen maka harus selalu menjaga kualitas layanan, kredibilitas dan penyesuaian dengan perkembangan zaman.

Bisa disimpulkan bawha perbedaan produk barang dan jasa adalah sebagai berikut :

- Produk barang berwujud sementara produk jasa tak berwujud.
- Produk barang dapat dijual lagi sementara produk jasa tak dapat berpindah kepemilikan.
- Produk barang dapat disimpan sedangkan produk jasa tak dapat disimpan.
- Produk barang cenderung seragam sementara produk jasa bisa berubah-ubah.
- Produsen produk barang dapat mudah memperbesar skala usaha mereka sementara perusahaan jasa cukup sulit membuat hal yang sama.
- Produk jasa merupakan output akhir yang belum ada sebelum dibeli, sedangkan produk barang sebaliknya.
- Produk jasa membutuhkan hubungan langsung ke konsumen.


loading...
Theme Editor by Seo v6