Perbedaan Perusahaan dan Badan Usaha

Bila di suatu waktu kita menyaksikan sekelompok orang di tempat tertentu melakukan kerjasama dan saling berbagi tugas untuk membuat atau menghasilkan sesuatu, aktifitas tersebut boleh dikatakan sebagai perusahaan. Perusahaan adalah tempat semua kegiatan yang terkait produksi dimana barang ataupun jasa dihasilkan. Perusahaan ini selanjutnya dijadikan sebagai pekerjaan orang-orang dengan tujuan mendapatkan uang. Ada lagi yang dinamakan badan usaha yang juga terkait dengan produksi.


Namun ada perbedaan perusahaan dan badan usaha. Penjelasan badan usaha sendiri adalah wadah terorganisasi dan memiliki kekuatan hukum yang membawahi perusahaan sehingga bisa ter terkoordinasi dengan baik dan berjalan dengan profesional. Menjadi wadah bagi perusahaan agar terorganisasi maka badan usaha paling tidak memiliki orang-orang serta peralatan untuk modal, mempunyai tujuan tertentu yakni memperoleh laba yang sudah ditentukan. Badan usaha didirikan dengan modal besar apakah itu dana cash, lokasi tanah, bahan baku, pekerja, mesin-mesin produksi, armada angkutan hingga bangunan kantor.

Mencermati penjelasan singkat tadi pastinya kita sudah mulai bisa membedakan perusahaan dan badan usaha. Secara umum perusahaan diartikan  sebagai kesatuan teknis dan ekonomis yang menjadi tempat berlangsungnya aktifitas produksi untuk maksud membuat barang dan jasa. Sementara badan usaha yaitu kesatuan yuridis (hukum) dan ekonomis dengan memanfaatkan berbagai faktor produksi demi mendapatkan laba atau keuntungan.
Dengan begitu perbedaan perusahaan dan badan usaha bisa dilihat dari poin-poin berikut ini :
   
Badan Usaha :
   
- Memiliki tujuan menghasilkan keuntungan/laba
- Bertindak sebagai wadah untuk mengelola faktor-faktor produksi.
- Berdasarkan kepemilikan modal, badan usaha dapat berupa BUMN/BUMD, BUMS ataupun koperasi.
- Berdasarkan bentuk badan hukum dapat berupa perusahaan perseorangan, Perseroan (PT), CV, Firma ataupun koperasi.
   

Perusahaan :

- Memiliki tujuan memproduksi barang dan jasa.
- Bertindak menjadi alat untuk badan usaha untuk memperoleh laba.
- Dapat berupa toko, bengkel, pabrik, ruang praktik, rumah makan atau hotel.

Pertamina adalah contoh perusahaan dengan bentuk badan usaha perseroan, tepatnya BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Beberapa contoh BUMN lain antara lain : PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ; PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. ; PT Brantas Abipraya (Persero) ; PT Garuda Indonesia (Persero) ; PT Angkasa Pura (Persero) ; PT Perusahaan Pertambangan dan Minyak Negara (Persero) ; PT Tambang Bukit Asam (Persero) ; PT Aneka Tambang (Persero) dan masih banyak lagi. Perseroan terbatas (PT) merupakan bentuk badan usaha dimana modal usaha didapat dari penjualan saham. Tiap pemegang saham memiliki hak atas perusahaan dan juga laba (dividen).