Jumat, 04 Agustus 2017

perbedaan GLB (Gerak Lurus Beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Pasti kita sering mengamati mobil yang bergerak lurus dengan kecepatan tertentu. Lalu apakah setiap mobil yang bergerak lurus tadi selalu bergerak beraturan atau memiliki kecepatan tetap atau terjadi perubahan? Menurut kecepatannya sebuah gerak lurus dibedakan menjadi 2 yakni : Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Ada perbedaan GLB dan GLBB yang harus dipahami.


Suatu benda dianggap bergerak lurus beraturan jika memiliki lintasan lurus dan untuk rentang waktu tertentu gerak benda tadi memiliki kecepatan tetap. Dalam GLB benda menjalani jarak yang sama pada rentang waktu yang sama. Misalnya mobil berjalan menempuh jarak 2 meter dengan waktu 1 detik, kemudian 1 detik selanjutnya juga menempuh jarak 2 meter dan seterusnya. Di keseharian kita bisa menjumpai gerak jenis ini misalnya : di jalan bebas hambatan lurus biasanya mobil yang melintas untuk rentang waktu tertentu mempunyai kecepatan tetap, suatu benda yang dilempar dalam ruang hampa akan bergerak yang kecepatan tetap.

Gerak Lurus Beraturan bisa dijabarkan dalam bentuk rumus yaitu :

s = v x t

dimana :
v = kecepatan (m/s)
s = perpindahan (m)
t = waktu (s)

Cara yang digunakan untuk mengetahui jenis gerak benda umumnya diterapkan percobaan memakai ticker timer. Sebuah benda dikatakan bergerak lurus beraturan jika memberikan tanda ketikan dengan jarak yang selalu sama di rentang waktu tertentu.

Sementara Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dapat dilihat dari contoh sebuah sepeda motor yang melaju menuruni perbukitan. Pastinya kecepatannya akan kian meningkat. GLBB yaitu gerak benda dalam lintasan lurus dimana kecepatannya berubah dengan teratur setiap detik. Kita pasti ingat jika perubahan kecepatan setiap detik merupakan percepatan. Oleh karena itu dalam GLBB terjadi percepatan secara tetap. GLBB dibagi menjadi GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

GLBB dipercepat adalah gerak sebuah benda yang memperoleh peningkatan kecepatan tiap detik. Misalnya sebuah benda yang bergerak turun melintasi bidang miring atau benda yang jatuh bebas dari ketinggian tertentu. GLBB dipercepat bila diuji menggunakan ticker timer akan memperoleh tanda ketikan pada ticker timer dengan jarak yang semakin jauh dengan perubahan teratur. Sementara GLBB diperlambat adalah gerak benda yang kian menurun kecepatannya di tiap detiknya. Misalnya sebuah benda yang dilempar vertikal ke atas, mobil yang melaju lalu direm. Bila dilakukan percobaan menggunakan ticker timer maka gerak GLBB diperlambat akan menghasilkan tanda ketikan yang kian kecil yang artinya benda tersebut membuat gerak yang makin diperlambat.