Kamis, 03 Agustus 2017

Perbedaan Domain dan Hosting

Supaya sebuah website bisa dibuka lewat internet, syaratnya dibutuhkan sebuah domain dan hosting. Domain dan hosting merupakan dua layanan berbeda dengan memiliki fungsi yang juga berbeda. Perbedaan domain dan hosting akan dijelaskan secara singkat berikut ini. Penting diketahui bahwa bila Anda cuma membeli domain saja atau hosting saja maka belum bisa digunakan untuk membangun website.

Domain merupakan nama dan sekaligus juga alamat sebuah website. Misalnya : detik.co.id ; idhostinger.com. Ada banyak layanan tempat membeli domain baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa contoh layanan itu adalah : namecheap.com ; godaddy.com ; 1and1.com ; niagahoster.co.id ; idwebhost dan sebagainya. Sementara hosting merupakan tempat meletakkan aneka file dan database suatu website supaya bisa diakses dari internet setiap saat. Bila layanan hosting sedang terganggu atau down maka dengan sendirinya website tersebut tak bisa dibuka. Kebanyakan penjual layanan beli domain pun menyediakan layanan hosting sehingga pengguna tak perlu membelinya dari dua perusahaan berbeda.

Setelah mengetahui perbedaan domain dan hosting, selanjutnya kedua layanan tersebut harus dihubungkan. Mula-mula Anda harus tahu detil nameserver milik Anda lebih dulu. Nameserver merupakan istilah yang diberikan pada sebuah web server yang berfungsi mengarahkan domain ke server tertentu dan lazimnya menggunakan format ns1.namaserver namun ada juga yang menggunakan format lain. Penamaan nameserver bisa berbeda-beda untuk tiap layanan dimana tergantung dari konfigurasi yang dibuat.

Secara otomatis jika anda sudah mengorder atau membeli layanan hosting maka pihak penjual akan mengirimkan detil nameserver yang harus digunakan melalui email. Anda harus menyimpan detil nameserver ini sebab tidak jarang pemesan lupa terlebih jika mereka memiliki beberapa domain dan hosting. Setiap penyedia layanan hosting biasanya memiliki beberapa nameserver berbeda yang digunakan.

Misalnya anda membeli space hosting di Niagahoster, maka anda akan diberikan username dan password untuk login. Untuk mengetahui nameserver yang sesuai dengan yang diorder, anda harus login di member area dengan mengakses : http://www.niagahoster.co.id/login. Sesudah itu pilih menu Produk & Layanan dan pilih hosting yang diorder lalu klik Kelola.

Akan tertampil detil mengenai hosting yang diorder yang diantaranya adalah detil Nameserver dan login cPanel Anda. Misalnya nameserver yang diberikan : ns05.niagahoster.com dan ns06.niagahoster.com. Namun sebagaimana telah dijelaskan di atas, alamat nameserver dapat saja berbeda-beda kendati kita mengorder di layanan hosting yang sama. Pastikan Anda mengaktifkan nameserver yang sesuai dengan domain yang Anda miliki. Kekeliruan mengaitkan nameserver akan mengakibatkan domain tak mengarah ke server yang akibatnya tak bisa diakses.