Kamis, 29 September 2016

Pengertian Perbedaan Sosial dan Ciri-cirinya

Salah satu kajian menarik dalam bidang ilmu sosiologi adalah perbedaan sosial atau diferensiasi sosial. Diferensiasi yang terjadi pada hakikatnya memperlihatkan adanya keragaman dalam masyarakat berupa keragaman suku, adat istiadat, bahasa, ras, budaya, agama, dan lainnya. Prinsip perbedaan sosial tak mesti diterjemahkan sebagai sebuah perbedaan derajat ataupun martabat sehingga membentuk kelas-kelas sosial yang bersifat hirarki. Namun  konsep diferensiasi sosial lebih menitikberatkan pada keragaman secara horisontal.

Tak sama dengan stratifikasi sosial yang menggolongkan masyarakat menjadi struktur kelas vertikal maka perbedaan sosial menggolongkan masyarakat secara horisontal atau hanya ciri fisik saja. Meski begitu, stratifikasi sosial dan perbedaan sosial mempunyai kesamaan yakni keduanya memperlihatkan keanekaragaman dalam masyarakat.  Meskipun adakalanya memunculkan beberapa konflik namun keanekaragaman yang ada pun bisa menjadi potensi untuk pembangunan. Keanekaragaman yang muncul di masyarakat bisa mendorong dinamika.

Sejumlah ciri berikut ini umumnya dipakai sebagai pertanda adanya perbedaan sosial dalam masyarakat. Beberapa ciri tersebut menjadi ciri khas yang membuat suatu komunitas terlihat berbeda dibanding komunitas yang lain.

- Ciri fisik
Adalah beberapa ciri yang terkait sifat yang bisa dilihat diantaranya warna kulit,  bentuk dan warna rambut, postur tubuh serta bentuk dan warna mata.

- Ciri sosial
Merupakan ciri yang terkait dengan peran warga masyarakat dalam bermasyarakat. Seperti yang sudah diketahui bersama setiap warga masyarakat mempunyai peran dan tugas berbeda-beda yang berhubungan dengan pekerjaan, profesi ataupun mata pencaharian sehari-hari baik untuk kepentingan diri sendiri ataupun kepentingan masyarakat. Pekerjaan, profesi ataupun mata pencaharian yang dijalani seseorang tak serta merta memperlihatkan terjadinya strata vertikal namun menunjukkan keragaman bakat dan minat warga masyarakat yang bersifat horisontal.

- Ciri budaya
Adalah ciri yang terkait adat-istiadat dan kebudayaan yang tumbuh dalam masyarakat. Tiap bangsa mempunyai adat-istiadat dan kebudayaan berlainan. Di negara kita saja ada kurang-lebih 200 sistem adat dan budaya sebagaimana bisa diamati dalam masyarakat Jawa, Sunda, Bali, Madura, Lombok, Batak, Dayak, dan suku-suku lainnya. Bila dilihat secara global pastinya sistem adat dan budaya sangat banyak jumlahnya. Bangsa-bangsa di Asia, Afrika, Australia, Eropa maupun Amerika pasti memiliki ciri khas yang membuatnya beda dari yang lain.
Pengertian Perbedaan Sosial dan Ciri-cirinya Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti