Rabu, 21 September 2016

Mengerti Perbedaan Leader dan Manager

Dalam mengelola suatu organisasi supaya sukses mesti ada orang yang memegang posisi yang berbeda. Beberapa posisi mungkin bisa ditetapkan secara mudah sedangkan lainnya sering membingungkan. Contohnya saja perbedaan Leader dan Manager. Seseorang memang bisa menjadi manager dan leader di waktu bersamaan. Namun seorang leader hebat tak serta merta handal juga menjadi manajer begitu sebaliknya. Warren Bennis, seorang praktisi menjelaskan mengenai perbedaan penting leader dan manager dalam beberapa poin berikut.

- Leader berinovasi, manager mengelola.
Itu artinya seorang pemimpin yaitu mereka yang memiliki beragam ide baru yang mampu menggerakkan organisasi untuk berpikir maju. Leader harus selalu mengembangkan berbagai taktik dan strategi baru. Leader mesti berpengetahuan mendalam mengenai tren terbaru, riset dan kecakapan. Sementara manager mempertahankan hal-hal yang sudah ditentukan. Manager mesti mempertahankan kontrol serta menangani kendala yang muncul. Menurut Alan Murray yang mengutip keterangan Drucker menyatakan bahwa seorang manager yaitu orang yang mampu menetapkan target dengan tepat, tolok ukur, analisis serta menilai kinerja. Manager harus paham betul para pegawai yang bekerja di bawahnya dan bisa menentukan orang tepat untuk pekerjaan tertentu.

- Leader adalah inspirator, manager taat kontrol.
Leader yaitu orang yang mampu memberikan inspirasi bagi orang lain agar menjadi yang terbaik dan paham cara tepat mengatur tempo dan kecepatan gerak organisasi. Kepemimpinan bukan apa yang dilakukan namun apa yang dilakukan orang lain atas respon dari Leader. Sedangkan manager menurut Peter Drucker memiliki tugas mempertahankan kontrol terhadap bawahannya dengan mendukung mereka bisa mengembangkan aset mereka sendiri dan menggunakan bakat terbesar mereka. Agar bisa menjadi seorang leader yang efektif maka seseorang mesti paham para bawahannya, mengerti kepentingan mereka sekaligus passion yang dimiliki. Adapun manager membuat ketentuan mengenai gaji, promosi karyawan serta berkomunikasi dengan tim.

- Leader bertanya What dan Why, manager bertanya How.
Agar bisa bertanya What dan Why maka seorang Leader harus bisa mempertanyakan mengapa orang lain melakukan tindakan tertentu. Terkadang hal ini menyebabkan seorang leader mesti menentang atasan. Itu artinya seorang leader harus sanggup stand up untuk manajemen saat mereka berpikir sesuatu  yang harus dijalankan perusahaan. Seorang leader tak selalu benar pastinya. Kalau perusahaan atau organisasi gagal maka tugas seorang leader yaitu mengatakan “Apa yang kita pelajari dari kejadian ini?” Dan “Bagaimana kita memanfaatkan kegagalan ini untuk menguatkan tujuan perusahaan atau memperoleh hal yang lebih baik?” Sementara seorang manager tak betul-betul berpikir mengenai arti kegagalan.
Mengerti Perbedaan Leader dan Manager Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti