Langsung ke konten utama

Jelaskan Perbedaan Internet dan Intranet

Akhir-akhir ini internet sudah menjadi semacam kebutuhan pokok bagi banyak orang. Terlebih dengan makin terjangkaunya harga smartphone Android, kini masyarakat bisa terus ke dunia online kapan saja dan dimana saja. Meski sudah sering menggunakan namun sebagian orang mungkin masih belum paham itu itu pengertian internet dan kegunaannya. Kecuali itu, ada pula jaringan intranet yang tentunya untuk kebanyakan orang malah tak tahu sama sekali.

Internet dan intranet bila ditinjau dari definisinya memang berbeda akan tetapi mempunyai manfaat sama yakni mengkoneksikan antara komputer satu dengan perangkat komputer yang lain. Agar lebih jelas, berikut arti dari internet dan intranet. Internet yang merupakan singkatan dari Interconnection Networking merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan antar komputer yang satu dengan komputer lain memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk protokol pertukaran datanya. Dengan begitu antar komputer tadi bisa saling berkomunikasi, berinteraksi serta saling bertukar informasi.

Internet mula-mula diciptakan tahun 1969 silam oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat proyek ARPA atau dinamakan dengan ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek tersebut semula dibentuk untuk kepentingan militer. Akan tetapi nyatanya proyek tadi malah makin berkembang pesat sehingga yang awalnya cuma 4 website universitas kemudian berkembang dan menghubungkan komputer-komputer dari beberapa negara bagian Amerika yang hendak bergabung. Karena itu ARPANET kemudian dibagi menjadi dua yaitu MILNET untuk memenuhi kebutuhan militer sementara ARPANET sendiri untuk kebutuhan sipil.

Sementara Intranet yaitu sebuah jaringan (Private Network) memanfaatkan protokol internet TCP/IP sebagai sarana saling bertukar informasi penting namun hanya dalam cakupan lokal saja. Contohnya jaringan komputer yang dipakai untuk lingkup perusahaan, kantor, sekolah dan universitas. Intranet pun termasuk dalam kategori jaringan LAN (Local Area Network) dengan cakupan wilayah terbatas.

Dari pengertian keduanya di atas maka bisa disimpulkan perbedaan Internet dan Intranet dengan poin-poin berikut :

Internet :

- Memiliki lingkup jaringan luas hingga  ke seluruh penjuru dunia dengan akses yang sangat cepat.
- Memiliki teknnologi yang berkembang dengan sangat cepat.
- Dapat dimanfaatkan oleh siapa pun dan kapan pun selama tersedia aksesnya.

Intranet :

- Memiliki jaringan dengan lingkup sempit atau bersifat lokal.
- Perkembangan teknologinya cukup lambat.
- Lazim diaplikasikan di perusahaan, kantor, sekolah, universitas maupun institusi lain untuk saling menghubungkan antar bagian atau divisi.


loading...
Theme Editor by Seo v6