Rabu, 14 September 2016

Ini Lho Perbedaan Gaji dan Upah yang Harus Diketahui

Setiap orang yang bekerja pasti akan mendapatkan semacam kompensasi baik berupa gaji maupun upah. Gaji dan juga upah adalah hak setiap pekerja yang sudah menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan yang sudah disepakati bersama. Mulyadi dalam bukunya "Sistem Akuntansi" menyatakan jika gaji adalah pembayaran karena jasa yang diberikan karyawan yang memiliki jenjang jabatan seperti manajer. Dengan begitu penggajian bisa dimaknai sebagai prosedur pembayaran upah kepada seseorang sebagai pengganti dari hasil kerja atau jasa yang diberikan.


Acapkali gaji dan upah dianggap sama pengertiannya oleh sebagian orang. Anggapan tersebut boleh jadi dikarenakan gaji dan upah keduanya sebagai balas jasa kepada karyawan. Faktanya ada beberapa perbedaan gaji dan upah. Pada sebuah perusahaan manufaktur, pembayaran kepada karyawan seringnya dibedakan menjadi gaji dan upah. Gaji diberikan kepada karyawan dengan tingkat jabatan manajer, sementara upah adalah pembayaran atas jasa yang diberikan level karyawan pelaksana atau buruh. Lazimnya gaji diberikan rutin setiap bulan, sementara upah diberikan menurut hari kerja, jam kerja maupun total satuan produk yang dibuat karyawan.

Berdasarkan UU ketenagakerjaan No.13 tahun 2003 menyatakan bahwa upah merupakan hak pekerja/buruh yang diberikan oleh pengusaha atau pemberi kerja berbentuk uang berdasarkan sebuah perjanjian kerja, kesepakatan, maupun ketentuan perundang undangan tak terkecuali tunjangan untuk pekerja/buruh dan keluarganya berkat pekerjaan atau jasa yang dilakukan. Sementara Dewan Penelitian Pengupahan Nasional mendefinisikan upah yaitu pembayaran sebagai suatu kerja berfungsi sebagai suatu jaminan kelangsungan hidup yang layak bagi kemanusiaan dan produktifitas yang dinyatakan dalam nilai atau bentuk yang ditetapkan berdasarkan persetujuan Undang-Undang dan peraturan yang diberikan atas dasar suatu kesepakatan kerja dari pemberi kerja dan penerima kerja.

Adapun menurut Hadi Purwono menjelaskan perbedaan gaji dan upah adalah sebagai berikut. Gaji (salary) umumnya disebut sebagai upah (wages) yang diberikan kepada pimpinan, pengawas, dan tata usaha pegawai kantor atau manajer lainnya. Gaji biasanya memiliki tingkatan lebih tinggi dibanding pembayaran kepada pekerja upahan. Upah merupakan pembayaran kepada pegawai atau pekerja sesuai lamanya jam kerja dan dibayarkan kepada pekerja yang tak memiliki kepastian dipekerjakan terus-menerus.

Berdasarkan pengertian gaji dan upah tadi bisa ditarik kesimpulan jika gaji adalah pengganti jasa atas tenaga kerja dengan tugas dengan sifat terus-menerus.  Gaji didapatkan lewat perhitungan waktu yang lama contohnya bulanan, tiga bulan hingga tahunan. Sementara upah merupakan bentuk pembayaran karena pemberian jasa yang diberikan karyawan sesuai kuantitas pekerjaan yang sudah dilakukan contohnya jumlah unit produksi dan sebagainya.
Ini Lho Perbedaan Gaji dan Upah yang Harus Diketahui Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti