Rabu, 31 Agustus 2016

Lebih Paham Perbedaan Switch dan Hub

Dilihat dari fisiknya, switch dan hub memang nampak serupa, meski sebetulnya keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Sebagian pengguna mungkin sering menyebutnya dengan switch-hub sehingga seakan-akan menggambarkan sebagai satu perangkat saja. Ada beberapa perbedaan switch dan hub yang harus diketahui bagi mereka yang hendak belajar teknik jaringan, yaitu :


- Beroperasi di OSI Layer berbeda
Perbedaan switch dan hub yang pertama adalah lokasi beroperasinya. Hub beroperasi di OSI layer pertama atau physical layer sehingga hampir sama dengan fungsi kabel atau sinyal wifi sebagai penghantar data saja. Sementara Switch beroperasi di layer kedua yaitu Data Link.

- Prinsip kerja
Prinsip hub yaitu cuma menerima dan menghantarkan sinyal listrik lewat kabel yang terhubung. Sedangkan Switch tak sebatas menerima atau menghantarkan sinyal saja namun juga mengolah informasi dalam layer data link. Informasi yang diproses yaitu mac Address dari tiap komputer ataupun perangkat terhubung.

- Kemampuan
Meskipun cara kerja hub lebih sederhana, akan tetapi kemampuan swicth ternyata lebih cepat dibanding hub. Faktor tersebut disebabkan switch memakai mekanisme seleksi pada setiap perangkat atau PC yang terkoneksi dengannya. Sementara hub tak mampu untuk itu sehingga tiap sinyal yang diterima hub lewat sebuah port akan dikirimkan seluruhnya ke semua port yang dimiliki. Hal tersebut disebabkan hub tak mampu mengecek tujuan sinyal akan dikirimkan.

- Kecepatan pengiriman data
Switch memiliki kemampuan memilih lebih dulu Mac Address sebagai tujuannya sehingga proses pengiriman data akan lebih cepat. Adapun hub  mengirimkan sinyal secara keseluruhan atau menyebar tanpa tahu perangkat mana yang hendak dituju.

- Kemudahan setting
Perbedaan switch dan hub pun bisa dilihat dari kemudahan setting-nya. Untuk hub sedikitpun tak dapat disetting. Switch yang diberikan label manageable artinya dapat di-setting untuk mem-blok atau mengijinkan komputer yang akan tersambung dengannya. Switch dapat membagi satu segment jaringan LAN menjadi dua atau lebih segment jaringan LAN kendati ada di satu jaringan sama (Virtual LAN atau VLAN).

- Tingkat keamanan jaringan
Saat data yang dihantar hub mencapai tujuan, bisa dipastikan akan dalam kondisi utuh. Akan tetapi untuk switch, data yang terkirim belum tentu dalam kondisi utuh. Tidak karena switch tak bisa mengirimkannya dengan utuh. Namun tiap paket data yang dihantarkan switch akan dicek lebih dulu sehingga bisa dipastikan tiap data akan aman. Bila ada data yang terindikasikan mencurigakan maka tak akan terkirim ke komputer tujuan.

- Harga
Dari uraian di atas menjelaskan berbagai keunggulan switch, sehingga tidak aneh jika harga switch akan lebih mahal bila dibanding harga hub.
Lebih Paham Perbedaan Switch dan Hub Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti