Selasa, 09 Agustus 2016

Cara Memastikan Perbedaan Jalak Nias Jantan dan Betina

Tahun-tahun terakhir ini para penggemar burung kian banyak saja. Para penghobi ini menyukai burung kicau dan juga burung kontes. Namun umumnya mereka memelihara burung jenis kicau untuk kesenangan pribadi. Beberapa jenis burung selalu menjadi favorit penggemar burung, salah satunya adalah burung Jalak Nias.


Burung Jalak faktanya memang jenis burung kicauan dengan suara yang ramai, keras dan bervariasi. Cara merawat burung Jalak pun tak ada kendala yang menyulitkan, makanya burung yang satu ini sangat diminati kalangan kicau mania di tanah air. Adapun mengenai burung Jalak Nias adalah varietas burung Jalak yang juga memiliki kicauan yang sangat bagus. Seperti diketahui burung Jalak memiliki beberapa varietas, selain burung Jalak Nias juga ada burung Jalak Putih, burung Jalak Thailand, burung Jalak Bali serta burung Jalak Suren.

Burung Jalak Nias dari hasil pooling termasuk dalam 10 besar jenis burung kicau yang terbanyak dipelihara masyarakat pecinta burung. Salah satu hal yang harus dikuasai para penggemar bila ingin memeliharanya adalah mengetahui perbedaan Jalak Nias jantan dan betina. Dengan mengetahui jantan betina maka para penghobi tak akan sia-sia saat hendak menangkarkannya.

Perbedaan Jalak Nias jantan dan betina secara umum mudah diketahui dari ciri-ciri fisiknya. Burung Jalak Nias jantan biasanya memiliki ciri-ciri :  memiliki lingkar mata warna kuning yang lebih jelas dibanding warna kuning lingkar mata Jalak Nias Betina, memiliki bulu dengan warna coklat yang lebih jelas, indah serta terkesan berminyak, cepat bisa menirukan ucapan pemiliknya, memiliki postur tubuh memanjang proposional, cenderung agresif dan aktif dibanding Jalak Nias Betina, saat sedang bersuara biasanya Jalak Nias Jantan akan menonjolkan jambul yang menghiasi kepalanya.

Kendati burung Jalak Nias mempunyai keterbatasan bila dibanding burung Beo namun bila dilatih dengan rutin burung ini pun bisa fasih menirukan ucapan pemiliknya. Pemeliharaan burung Jalak Nias secara umum harus memperhatikan hal-hal berikut : menjaga kebersihan kandang, memandikannya lebih dulu sebelum diberi makan, memberikan multivitamin dengan teratur, teratur memegang dan mengusap tubuhnya dan mengajak bicara dan bermain.

Hendaknya burung Jalak Nias ini diletakkan dalam kandang berukuran besar sehingga bebas bergerak. Bersihkan dengan teratur tiap pagi dan sore. Sebelum diberikan pakan Jalak Nias harus dimandikan lebih dulu dengan menyemprot bulu-bulunya. Berikan seekor jangkrik atau buah pepaya dan pisang. Sementara pemberian multivitamin bertujuan supaya Jalak Nias terjauhkan dari penyakit saat perubahan cuaca. Burung Jalak Nias yang sudah jinak biasanya tak akan terbang ketika dikeluarkan dari kandang. Ketika melatih Jalak Nias berbicara, berikan jangkrik untuk penarik perhatian dan juga sebagai hadiah. Melatihnya berbicara juga bisa memakai rekaman suara yang diputar berulang-ulang. Di sini kesabaran dan ketekunan dari pemiliknya sangat dituntut sehingga burung Jalak Nias bisa menirukan suara manusia.
Cara Memastikan Perbedaan Jalak Nias Jantan dan Betina Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti