Rabu, 20 Juli 2016

Yuk Belajar Memahami Perbedaan Otot Polos dan Otot Lurik serta Otot Jantung

Otot merupakan alat gerak aktif yang membangun jaringan di tubuh manusia. Dilihat dari ciri khas, posisi, dan cara kerjanya maka otot manusia bisa dibagi dalam tiga tipe meliputi : otot polos, otot lurik dan otot jantung. Ada beberapa perbedaan otot polos dan otot lurik dan juga otot jantung yang perlu diketahui sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Otot Polos :
Pas sekali dengan namanya, otot polos mempunyai penampilan polos tanpa hiasan lurik-lurik. Serabut ototnya berbentuk tak beraturan dimana di bagian tengah terdapat inti. Mekanisme gerakan otot polos cenderung lamban namun akan tahan berkontraksi untuk waktu lama. Saluran syaraf yang menempel pada otot polos berfungsi secara otonom maksudnya pergerakannya tak dilakukan dengan sadar. Otot polos terdapat di beberapa organ dalam diantaranya lambung, usus, hati, dan paru-paru.

Otot Lurik :
Saat diamati di bawah mikroskop, otot lurik memiliki jenis serabut tak beraturan, lurik-lurik, sel berbentuk memanjang dan mempunyai banyak inti sel. Mekanisme pergerakan otot lurik bersifat somatik artinya dilakukan secara sadar dan dapat dikendalikan. Meskipun kinerja geraknya cepat akan tetapi otot lurik pun gampang sekali menderita lelah. Otot lurik dapat ditemukan menempel di rangka tubuh manusia misalnya rangka tangan dan rangka kaki.

Otot Jantung :
Otot jantung merupakan otot yang khusus berada di jantung manusia. Sebagaimana otot polos, otot jantung pun mempunyai satu inti sel dan bergerak dengan lamban, tak gampang capek serta tak bisa dikendalikan atau diatur. Beda oto polos dengan otot jantung dilihat dari tampilannya, otot jantung memiliki lurik-lurik dengan serabut otot beraturan.

Setelah memahami uraian tadi maka bisa ditarik kesimpulan jika perbedaan otot polos dan otot lurik serta otot jantung terutama ada pada hal-hal berikut :

- Otot polos berbentuk polos sementara otot lurik berbentuk lurik-lurik sementara otot jantung pun memiliki lurik.
- Otot polos dan otot jantung mempunyai inti sel tunggal, sementara otot lurik memiliki inti sel banyak.
- Serabut otot polos tak beraturan sementara serabut otot lurik memiliki pola beraturan dan begitupun otot jantung.
- Perbedaan otot polos dan otot lurik dilihat dari kerjanya, bila otot lurik bersifat stonom atau secara sadar, adapun otot polos dan otot jantung bersifat otonom atau tanpa disadari.
- Otot jantung dan otot polos memiliki gerakan cukup lamban, sebaliknya gerakan otot lurik cepat.
- Otot lurik dalam bekerjanya mudah sekali terjadi kelelahan, sedangkan otot polos dan otot jantung dalam bekerja tak gampang menjadi lelah.
- Otot polos terletak dalam organ dalam tubuh kecuali jantung. Sedang otot lurik tersebar pada rangka tubuh. Khusus untuk otot jantung terletak pada organ jantung.
Yuk Belajar Memahami Perbedaan Otot Polos dan Otot Lurik serta Otot Jantung Rating: 4.5 Posted by: Elin Pujiastuti