Rabu, 27 Juli 2016

Jangan Bingung! Ketahui Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

loading...
Buah Jeruk Lemon sangat melimpah dengan kandungan vitamin C dan flavonoids untuk fungsi antioksidan. Di samping itu buah berwarna kuning kehijauan ini pun terkandung mineral yang akan memberikan reaksi alkali pada tubuh yang bagus untuk proses detox. Buah Jeruk Lemon sekilas mata memandang, hampir sama dengan buah Jeruk Nipis sebagai buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Kandungan vitamin C dan senyawa-senyawa lain pun hampir sama antara keduanya.


Kendati begitu tetap ada beberapa perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis yang bisa disebutkan disini. Jeruk Lemon adalah buah berasa asam dengan kulit luar berwarna kuning dan kasar sementara Jeruk Nipis memiliki ukuran lebih kecil dengan asam manis serta kulit luar berwarna hijau mulus. Jeruk Lemon umumnya lebih asam daripada Jeruk Nipis sebab kandungan asam sitrat-nya lebih banyak. Nama ilmiah untuk Jeruk Lemon adalah Citrus limon sementara nama ilmiah untuk Jeruk Nipis adalah Citrus aurantifolia.

Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis secara komposisi berikut ini terlihat jika kandungan vitamin C pada Jeruk Lemon hampir dua kali lipat pada Jeruk Nipis.

Komposisi nutrisi Jeruk Nipis per 100 gram :

Kalori 30
Kalori dari lemak 2
Kolesterol 0 mg
Sodium 2 mg
Total Karbohidrat 11 g
Diet Serat 3 g
Gula 2 g
Protein 1 g
Vitamin A 1%
Vitamin C 48%
Kalsium 3%
Besi 3%

Komposisi nutrisi Jeruk Lemon per 100 gram :

Kalori 25
Kalori dari lemak 0
Kolesterol 0 mg
Sodium 1 mg
Total Karbohidrat 9 g
Diet Serat 0 g
Gula 2 g
Protein 0 g
Vitamin A 0%
Vitamin C 77%
Kalsium 1%
Besi 0%

Jeruk Lemon adalah hasil persilangan dari Jeruk Nipis dan Citron dan telah ada selama sekitar 2.500 tahun lampau. Buah Jeruk Nipis berasal dari Asia Tenggara dan diperkenalkan ke Afrika Utara dan Mesir sekitar abad ke-10 Masehi. Kedua jenis buah berasa asam segar ini sangat populer sebagai salah satu bahan dalam aneka makanan dan minuman. Namun Jeruk Lemon dan jeruk Nipis tak bisa saling dipertukarkan dalam sebuah resep. Jadi jika sebuah resep makanan atau minuman mengharuskan penggunaan Jeruk Lemon maka tak boleh diganti dengan Jeruk Nipis. Ini lebih disebabkan keduanya memiliki tingkat keasaman yang berbeda.

Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis untuk penggunaan dalam masakan pun kentara dari air sari yang dihasilkan. Jika kita memeras 1 buah Jeruk Lemon maka air sarinya akan lebih banyak jika dibanding hasil perasan dari 1 buah Jeruk Nipis. Ini sekali lagi menegaskan jika Jeruk Lemon tak bisa menggantikan Jeruk Nipis dan begitu sebaliknya khususnya untuk urusan masakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Bingung! Ketahui Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis