Langsung ke konten utama

Perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS Selain Harganya

Motor metik Yamaha NMAX non-ABS yang disebut juga sebagi Yamaha NMAX versi murah pertengahan tahun 2015 kemarin dikenalkan ke konsumen Indonesia. Ditawarkan seharga Rp 23,5 juta on the road Jakarta, pastinya Yamaha NMAX non-ABS adalah pilihan menarik kalangan penggila metik di tanah air. NMAX non-ABS didesain berbodi besar berkapasitas mesin 155cc sehingga menjadikannya tetap bertenaga dan nyaman dinaiki. Terlebih lagi bodinya yang panjang akan memungkinkan pengendara menyelonjorkan kedua kakinya sehingga tak mudah mengalami pegal-pegal saat turing jarak jauh.


NMAX non-ABS ditujukan untuk menambah pilihan lain varian metik NMAX  di Indonesia setelah yang lalu diluncurkan NMAX ABS. Lantas apa saja yang menjadi perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS ini? Dilihat secara sekilas kedua tipe NMAX tadi memang tak terlampau berbeda. Sekalipun itu dilihat dari performa mesinnya sama-sama diperkuat engine 155 cc yang bisa memuntahkan power hingga 11,1 kW/8.000 rpm dengan torsi puncak pada angka 14,4 Nm/6.000 rpm. Mesin yang digendongnya tadi sudah terpasang teknologi Blue Core sekaligus teknologi VVA (Variable Valves Actuation) sebagai yang pertama di dunia untuk aplikasi di motor roda dua. Mungkin perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS yang pertama adalah masalah berat dimana NMAX non ABS lebih enteng 1 kilo dibanding saudaranya.

Kemudian perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS lainnya adalah untuk versi murah ditiadakan komponen hidraulic ABS, ECU ke ABS serta speedometer tanpa indikator ABS. Makanya bobotnya bisa berkurang hingga 1 kilo. Kecuali beberapa pembeda tadi, sejumlah komponen kecil sebagai aksesoris pun ikut berbeda seperti sticker ABS dan indikator ABS yang pastinya tak terdapat pada varian NMAX non-ABS. Perbedaan Yamaha NMAX ABS dan Non ABS tentu saja dalam masalah harga jualnya. Untuk diketahui harga metik Yamaha NMAX ABS dibanderol seharga Rp 27,9 juta. Sementara Harga Yamaha NMAX non ABS cuma dilego Rp.23,5 juta saja.

Bagi yang masih belum ngeh betul mengenai fitur rem ABS pada sebuah kendaraan mungkin penjelasan singkat berikut ini akan membuat anda paham. Rem ABS (antilock brake system) merupakan fitur yang terhitung masih baru di Indonesia bila membandingkannya dengan negara-negara di Eropa. Fungsi tersebut baru diterapkan untuk beberapa tipe motor saja dan satu diantaranya yakni Yamaha NMAX ABS. Rem berfitur ABS merupakan cara meningkatkan keselamatan pengendara saat melaju kencang dimana saat pengereman tak akan terjadi komponen rem yang mengunci mendadak. Rem yang mengunci mendadak saat melaju kencang tentu sudah bisa ditebak pengendara akan terbanting di jalanan karena roda selip. Fitur ABS sangat berguna contohnya ketika melintasi jalanan yang sedang basah atau berpasir.


loading...
Theme Editor by Seo v6