Sabtu, 12 Agustus 2017

Mengerti Apa Perbedaan Cuaca dan Iklim

Di televisi pemirsa sering disuguhi berita mengenai prakiraan cuaca untuk wilayah-wilayah di Indonesia untuk esok sore nanti atau esok hari. Prakirawan pun sering dimintai perkiraan mereka mengenai iklim yang sedang terjadi. Bagi awam, apa perbedaan cuaca dan iklim masih cukup membingungkan. Masyarakat biasanya hanya mengetahui dari perkiraan bahwa besok cuacanya cerah atau nanti sore akan terjadi hujan badai. Sementara untuk iklim kebanyakan orang masih belum paham benar.


Dari sisi pengertian, cuaca adalah fenomena udara yang terjadi dalam waktu tertentu. Fenomena cuaca terjadi di lapisan hidrosfer dan troposfer. Cuaca mengacu pada aktivitas saat ini yang berlawanan dengan iklim jangka yang mengacu pada kondisi atmosfer rata-rata selama waktu yang cukup lama. Cuaca terjadi karena kepadatan (suhu dan kelembaban) yang berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain. Fenomena ini dapat terjadi karena sudut matahari pada tempat tertentu bervariasi tergantung garis lintang. Perbedaan suhu yang signifikan antara udara kutub dan tropis akan menimbulkan aliran udara.

Iklim meliputi suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, angin, curah hujan, jumlah partikel atmosfer dan banyak elemen meteorologi lainnya di suatu daerah untuk jangka waktu yang lama. Iklim di suatu lokasi dipengaruhi oleh posisi garis lintang, lokasi, ketinggian, salju, arus laut dan sebagainya. Iklim dapat diklasifikasikan menggunakan parameter seperti suhu dan curah hujan untuk menentukan jenis iklim tertentu

Musim adalah hasil revolusi tahunan bumi mengelilingi matahari dan kemiringan sumbu bumi relatif terhadap bidang revolusi. Di daerah beriklim sedang dan kutub, musim ditandai dengan perubahan intensitas cahaya matahari yang mencapai permukaan bumi, variasi yang dapat menyebabkan hewan untuk melakukan hibernasi atau bermigrasi ataupun tanaman menjadi dorman. Selama Juni, Juli, dan Agustus; belahan bumi utara terkena sinar matahari langsung karena sedang berposisi menghadap matahari. Hal yang sama berlaku dari belahan bumi selatan pada bulan Desember, Januari, dan Februari.

Apa perbedaan antara cuaca dan iklim adalah ukuran waktu. Cuaca adalah kondisi atmosfer selama periode waktu yang singkat, dan iklim adalah bagaimana atmosfer "berperilaku" selama periode waktu yang relatif lama. Ketika kita berbicara tentang perubahan iklim, kita berbicara tentang perubahan rata-rata jangka panjang dari data cuaca harian. Cuaca pada dasarnya adalah cara atmosfer berperilaku, terutama dihubungkan dengan dampaknya terhadap kehidupan dan aktivitas manusia.

Apa perbedaan antara cuaca dan iklim adalah bahwa cuaca terdiri dari data jangka pendek (menit hingga bulan) perubahan di atmosfer. Kebanyakan orang berpikir cuaca adalah dalam hal suhu, kelembaban, curah hujan, mendung, kecerahan, visibilitas, angin, dan tekanan atmosfer. Sementara iklim adalah deskripsi pola jangka panjang dari cuaca di suatu daerah tertentu. Beberapa ilmuwan mendefinisikan iklim adalah data cuaca rata-rata untuk daerah tertentu dan periode waktu tertentu yang biasanya diambil lebih dari 30 tahun. Ketika para ilmuwan berbicara tentang iklim, mereka sedang melihat rata-rata curah hujan, suhu, kelembaban, sinar matahari, kecepatan angin, fenomena seperti kabut, embun beku, dan badai hujan es.