Sabtu, 12 Agustus 2017

Ketahui Perbedaan Edmodo dengan Facebook

Edmodo merupakan jenis layanan jejaring sosial yang memiliki tujuan utama menjadi sarana pembelajaran khusus untuk guru, siswa serta orang tua. Layanan Edmodo sekilas menyerupai Facebook namun ditujukan untuk kepentingan sekolah diantaranya memberikan tugas, tes, penilaian dan sebagainya. Ada beberapa perbedaan Edmodo dengan Facebook diantaranya Edmodo tak mempunyai fitur video conference.


Layanan Edmodo memakai lay out yang serupa Facebook. Di sini merupakan tempat bagi guru atau dosen serta murid atau mahasiswa saling berinteraksi dan berkolaborasi untuk saling bertukar konten. Guru pun bisa mengirimkan nilai, memberi tugas atau kuis kepada murid. Murid pun bisa mengirimkan hasil PR yang ditugaskan oleh guru dan kemudianmengetahui hasil nilainya beserta komentar mengenai tugas tersebut. Fitur lainnya dari Edmodo yaitu guru bisa membuat semacam pooling atau memulai diskusi tentang topik tertentu yang diikuti oleh seluruh siswa.

Dan yang juga menarik, menggunakan Edmodo ini guru bisa merancang sebuah metode pembelajaran mandiri lewat pembentukan sub-kelompok belajar. Begitu tiap proses belajar di sub kelompok selesai, guru bisa menutup kelas dan membuat kelas belajar baru selanjutnya. Ibaratnya Edomodo adalah ruang kelas yang diusung ke dunia maya. Pengawasan kelas dan proses pembelajaran pun bisa dengan melibatkan pihak ketiga dalam hal ini orang tua (Parent) atau wali siswa sehingga bisa ikut memberikan penilaian mengenai proses belajar mengajar ini.

Sementara layanan Facebook seperti yang kita ketahui merupakan jejaring sosial yang bersifat umum dengan fitur bebas. Facebook boleh digunakan sebagai sarana berinteraksi dengan orang lain, mencari kenalan sekota atau satu negara dan juga digunakan untuk kendaraan penghasil uang dengan menawarkan bisnis kepada orang lain. Perbedaan Edmodo dengan Facebook salah satunya adalah layanan Medsos kepunyaan Mark Zuckerberg tersebut  dilengkapi puluhan bahasa pengantar serta bisa berinteraksi dengan jejaring sosial yang lain.

Perbedaan Edmodo dengan Facebook yang lain yaitu untuk Facebook bertindak sebagai wadah online sehingga setiap orang dapat menciptakan profil pribadi mereka sendiri dengan tujuan menemukan teman, keluarga dan kerabat jauh yang lama tak bersua lantaran kendala jarak. Facebook pun memiliki fitur menambahkan pengguna lain menjadi temannya serta fitur chatting. Facebook memiliki fitur notifikasi otomatis saat ada pembaharuan profil atau status. User Facebook pun boleh bergabung dengan grup dengan interest sama.