Senin, 14 Agustus 2017

Sebelum Menentukan Pilihan, Berikut 7 Perbedaan iPhone 5C dan 5S

Pabrikan Apple sudah lama mengeluarkan dua seri smartphone dalam waktu bersamaan yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C. iPhone 5S ditujukan sebagai penerus iPhone 5 yang merupakan perangkat premium buatan Apple. Menjadi generasi penerus maka wajar jika iPhone 5S dibekali spek jeroan yang handal sekaligus beberapa fitur unggul. Sedangkan iPhone 5C dibuat untuk melengkapi segmen menengah. Dilihat dari spek hardware, iPhone 5C hampir sama dengan iPhone 5 selain dari daya baterai dan bahan casing.


Konsumen yang akan mengganti perangkat iPhone lama mereka harus tahu perbedaan iPhone 5C dan 5S. Ada beberapa perbedaan iPhone 5C dan 5S dilihat dari sisi hardwarenya dan juga tampilan luarnya. Memahami perbedaan antara iPhone 5C dan iPhone 5S bisa rumit. Warna ponsel adalah salah satu perbedaan yang jelas terlihat, sementara lainnya bisa disimak dari penjelasan berikut ini :


1. Kecepatan Processor
IPhone 5S memiliki prosesor yang lebih cepat daripada 5C. 5S didukung prosesor A7, sementara 5C hanya A6. Prosesor A7 lebih kuat daripada A6 sebab sudah mengusung arsitektur chip 64-bit sebagai yang pertama untuk smartphone. Karena itu A7 bisa memproses data dua kali lebih cepat dibanding prosesor 32-bit A6.

2. Motion Co-Processor
Perbedaan iPhone 5C dan 5S berikutnya yaitu penggunaan Motion Co-Processor. IPhone 5S adalah perangkat Apple pertama yang mengadopsi Motion Co-Processor. Ini adalah sebuah chip yang berinteraksi dengan sensor fisik iPhone seperti accelerometer, kompas, dan gyroscope untuk memberikan data yang diminta aplikasi. Dengan Motion Co-Processor ini perangkat iPhone 5S bisa mengetahui apakah pengguna sedang duduk atau berdiri.

3. Fingerprint Scanner
Salah satu fitur utama iPhone 5S ini adalah scanner sidik jari yang menjadi satu dengan tombol Home. scanner ini memungkinkan pengguna mengamankan perangkat miliknya dengan sidik jari pribadi. Fingerprint Scanner tak dijumpai pada iPhone 5C.

4. Kamera
Ketika melihat spesifikasi, kamera di iPhone 5S dan 5C tidak berbeda yaitu menggunakan sensor 8 MP dengan kemampuan video 1080p HD. Namun hasil yang diberikan kamera iPhone 5S benar-benar menonjol dengan warna yang benar-untuk-hidup serta kemampuan untuk merekam video slow-motion pada 120 frame per detik dalam HD 720p dan mode burst hingga 10 foto per detik. Kamera 5C tidak memiliki fitur-fitur canggih tadi.

5. Warna
Jika Anda ingin iPhone warna-warni maka 5C adalah pilihan terbaik. Iphone 5C datang dalam berbagai warna: kuning, hijau, biru, merah muda, dan putih. Sementara iPhone 5S hanya memiliki warna standar, abu-abu dan gold.

6. Kapasitas Penyimpanan
IPhone 5S memiliki kapasitas memori internal sebesar 64 GB atau sama dengan yang dimiliki iPhone 5 dan juga 16 GB atau 32 GB. Sedangkan 5C diberikan pilihan 16 GB dan 32 GB tanpa pilihan 64 GB.

7. Harga
Perbedaan iPhone 5C dan 5S pun nampak dari harganya. Harga iPhone 5S bisa dua kali lebih mahal dibanding harga iPhone 5C.