Mudahnya Melihat Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan Lemon berasal dari keluarga sitrus yang keduanya sama-sama kaya akan vitamin C tetapi berbeda dalam hal warna kulit luar. Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis secara ukuran, bila Jeruk Nipis berwarna hijau dan berukuran lebih kecil, sedangkan Lemon berwarna kuning dan ukuran buahnya lebih besar. Meskipun ada perbedaan rasa, warna dan ukuran, namun keduanya memiliki manfaat gizi yang sama serta rendah kalori.

1. Penampilan
Anda dapat dengan mudah menentukan perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis dari penampilan luarnya. Jeruk Nipis berwarna hijau sedangkan Lemon kuning. Keduanya juga berbeda dalam ukuran. Diameter Jeruk Nipis bisa mencapai 2 inch sementara diameter Lemon bisa mencapai 3 inch. Lemon juga memiliki kulit lebih tebal dibanding Jeruk Nipis.

2. Warna daging buah
Ketika dibelah, warna daging buah Jeruk Nipis biasanya putih bening sementara Lemon memiliki daging buah berwarna kuning cerah. Meski saat matang , daging buah Jeruk Nipis pun berwarna agak kekuningan namun tak secerah daging buah Lemon.

3. Rasa dan Gizi Nilai
Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis pun diketahui dari citarasanya. Lemon rasanya lebih asam dari Jeruk Nipis. Jeruk Nipis kadang-kadang bisa agak pahit.
Keduanya memiliki kandungan gizi yang sama hanya persentasenya yang berbeda. Jeruk Nipis memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dibanding Lemon namun kandungan vitamin C lebih sedikit dibanding Lemon.

4. Aroma
Baik Jeruk Nipis maupun Lemon memiliki aroma wangi khasnya sendiri-sendiri. Namun Jeruk Nipis sedikit lebih kuat aromanya dibanding Lemon. Aroma wangi khas ini yang membuat keduanya sering digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan aromaterapi.

Karena Lemon dan Jeruk Nipis memiliki citarasa sedikit berbeda, maka keduanya tidak bisa saling dipertukarkan ketika digunakan sebagai bahan pendukung memasak atau membuat kue. Ketika resep meminta air sari Lemon murni atau air sari Jeruk Nipis maka tidak dianjurkan untuk mengganti satu dengan lainnya. Lemon menghasilkan lebih banyak air dibanding Jeruk Nipis sehingga resep yang mengharuskan memeras jus dari 1 butir Lemon tentu tak bisa diganti dengan 1 butir Jeruk Nipis yang menghasilkan lebih sedikit air sari.

Meski ada perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis namun pada dasarnya keduanya memiliki manfaat kesehatan yang sama. Keduanya bagus dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melawan sejumlah penyakit seperti pilek, batuk, masalah pencernaan, diabetes, jerawat, dan bahkan membantu dalam penurunan berat badan. Lemon sendiri bisa menjadi agen pembersih sebaguna baik jus ataupun kulitnya dapat digunakan untuk membersihkan meja dapur, alat-alat tembaga dan banyak lagi. Sari Lemon juga dapat digunakan untuk mendisinfeksi, pemutih noda, menghilangkan lemak, dan menghilangkan bau.