Selasa, 02 Februari 2016

Setiap Muslim Harus Tahu : Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra

Sudah beberapa kali isu mengenai akan terjadinya kiamat berembus di Indonesia. Reaksi masyarakat beragam, ada yang ketakutan dan ada yang masa bodoh. Tak terhitung pula ramalan mengenai kiamat yang bermunculan yang membuat umat Islam khususnya resah. Sebelum membahas mengenai kiamat, ada baiknya menyimak sabda Rasulullah SAW berikut ini saat ditanya mengenai kapan terjadinya hari kiamat oleh malaikat Jibril yang menemui beliau berwujud orang Arab Badui. Nabi SAW menjawab :“Orang yang ditanya tak lebih tahu dari yang bertanya.”[HR. Bukhari dan Muslim].


Nabi Muhammad SAW dari hadist di atas ternyata tak tahu kapan persis hari kiamat itu akan terjadi, meskipun beliau merupakan makhluk paling dekat dengan Allah SWT. Demikian juga malaikat Jibril sebagai pembawa wahyu Allah pun tak tahu kepastian hari kiamat itu. Dengan begitu orang-orang yang meramal tentang kepastian hari kiamat tentu bohong besar. Kiamat dalam Islam disebutkan sebagai Asy-Syarath As-Sa’ah. Asyrath sendiri berarti tanda. Sementara As-Sa’ah berarti saat terjadinya kiamat. Diistilahkan dengan As-Sa’ah sebab manusia pada saat itu terkejut sesaat yang selanjutnya seluruh makhluk hidup akan mati. Tanda-tanda kiamat dibagi menjadi 2 yaitu tanda kiamat Sugra (kecil) dan tanda kiamat Kubra (besar). Perbedaan kiamat sugra dan kubra adalah sebagai berikut :

Kiamat sugra atau kiamat kecil yakni kehancuran yang terjadi pada sebagian alam tiap saat misalnya terjadinya letusan gunung, kebakaran, banjir, gempa bumi, Tsunami atau pun kematian seseorang. Allah SWT telah berfirman di surat Ar-Rahman ayat 26-27 yang artinya : "setiap yang hidup di bumi niscaya akan binasa. Dan tetap kekal wajah Tuhanmu pemilik kebesaran dan kemuliaan". Dalam surat Ali Imran ayat 185 pun disebutkan :"setiap yang berjiwa tentu akan merasakan kematian dan sesungguhnya di hari kiamat lah disempurnakan pahalamu." Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir pun merupakan salah satu dari tanda-tanda kiamat kecil termasuk terbelahnya matahari serta munculnya api besar di kota Madinah.

Kiamat kubra dinamakan juga sebagai kiamat besar berupa kerusakan segenap alam semesta termasuk seluruh penghuninya disebabkan tiupan terompet malaikat Israfil untuk pertama kali. Saat itu bumi terguncang dengan sangat dahsyatnya dan dilanjutkan dengan kehancuran seisi alam semesta. Allah SWT telah berfirman pada surat Al-A'raf ayat 187 yaitu :"Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat,"Kapankah terjadinya?" Katakanlah ,"Sesungguhnya pengetahuan mengenai hari kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku: tak seorangpun yang bisa menerangkan waktu kedatangannya kecuali Dia. Kiamat itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) baik yang ada di langit ataupun di bumi . Kiamat tak akan datang kepadamu selain dengan seketika. Mereka bertanya kepadamu seolah-olah kamu betul-betul mengetahuinya. Katakanlah,"Sesungguhnya pengetahuan mengenai hari kiamat itu berada di sisi Allah, namun kebanyakan manusia tak mengetahui". Nabi Muhammad SAW bersabda :  “Sesungguhnya hari kiamat tak akan berlangsung sampai kalian melihat sebelumnya dengan 10 tanda.” Selanjutnya beliau mengatakan: munculnya asap, Dajjal, makhluk melata, munculnya matahari dari arah terbenamnya, turunnya Nabi Isa, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, tenggelamnya bumi sebelah timur, tenggelamnya bumi sebelah barat, tenggelamnya bumi di jazirah Arab dan munculnya api dari Yaman yang membawa manusia ke tempat berkumpulnya mereka (padang mahsyar).” [HR. Muslim].
Setiap Muslim Harus Tahu : Perbedaan Kiamat Sugra dan Kubra Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum