Sebutkan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Kumpulan sel akan membentuk jaringan dan selanjutnya sejumlah jaringan akan membentuk organ. Beberapa organ berbeda bersatu membentuk tubuh utuh makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Dalam ekosistem tumbuhan bertindak sebagai produsen atau penghasil sumber makanan. Sementara hewan sebagai konsumen yang memakan tumbuhan dan juga jenis hewan lain. Oleh karena itu ada perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan.


Ada beberapa organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan dan ada juga yang hanya dimiliki oleh sel hewan. Organel-organel penyusun sel secara umum baik pada hewan atau tumbuhan adalah sebagai berikut :

- Membran sel: adalah lapisan terluar dari sel yang membungkus semua organel sel lainnya. Membran sel juga dikenal sebagai membran plasma yang bersifat semipermeabel sehingga hanya molekul tertentu saja yang bisa melaluinya.

- Dinding sel: adalah lapisan kaku yang mengelilingi sel-sel tumbuhan dan terutama terdiri dari senyawa selulosa. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan kekakuan, kekuatan, perlindungan terhadap tekanan mekanik dan juga infeksi.

- Sitoplasma: adalah cairan yang mengisi sel. Semua organel sel tersuspensi dalam sitoplasma. sitoplasma mempertahankan konsentrasi osmotik sel dan mencegahnya dari meledak atau menyusut.

- Nukleus : adalah organel sel berbentuk bulat yang mengandung satu set lengkap gen yang mengatur sebagian besar kegiatan sel.

- Mitokondria: adalah salah satu organel terbesar dari sel. Berbentuk bulat atau batang dengan diselimuti oleh membran ganda. Mitokondria memiliki tugas mengkonversi glukosa menjadi molekul energi tinggi (ATP) untuk sel.

- Ribosom: ditemukan pada retikulum endoplasma yang bersama-sama berperan dalam proses sintesis protein.

- Lisosom: hanya dimiliki oleh sel hewan dan mengandung enzim pencernaan untuk memecah limbah dan detoksifikasi sel.

- Sentrosom: adalah bentuk kecil yang berada dekat inti yang memproduksi Sentriol.

- Retikulum endoplasma: terdiri dari retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum endoplasma kasar tertutup ribosom sehingga nampak kasar. Fungsinya adalah sintesa protein yang dibutuhkan sel. Retikulum endoplasma halus bertugas mengangkut bahan melalui sel dan memproduksi dan mencerna lemak dan protein.

- Aparatus Golgi: berfungsi membungkus protein yang dihasilkan retikulum endoplasma berupa membran tipis yang disebut vesikel.

- Vakuola: adalah organel untuk fungsi sekresi, ekskresi dan penyimpanan.

- Kloroplas: adalah organel khusus di sel tumbuhan yang mengandung klorofil berbentuk memanjang atau juga cakram. Tempat berlangsungnya proses fotosintesis dalam sel tumbuhan. Pigmen hijau klorofil menyerap energi dari sinar matahari.

- Plastida: adalah organel yang juga khas pada sel tumbuhan sebagai tempat penyimpanan produk seperti zat pati, asam lemak dan terpene.

Selanjutnya ini akan disebutkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan :

- Sel tumbuhan memiliki dinding sel sedangkan sel hewan tak memilikinya.
- Sel tumbuhan memiliki kloroplas dan plastida yang tak ditemukan pada sel hewan.
- Sel tumbuhan memiliki vakuola sementara sel hewan tak ada kecuali hewan uniseluler.
- Sel tumbuhan tak mempunyai sentriol kecuali tumbuhan tingkat rendah, sementara sel hewan memilikinya.
- Sel tumbuhan tak mempunyai sentrosom kecuali tumbuhan tingkat rendah, sedangkan sel hewan memilikinya.