Sebelum Mengarang, Ketahui Perbedaan Tema dengan Judul

Segala hal bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat sebuah karangan. Bisa berupa peristiwa, pengalaman, benda, binatang, tumbuhan dan sebagainya. Hal-hal tadi bisa dijadikan sebagai tema sebuah karangan. Sebuah karangan pun harus memiliki judul yang baik dan menarik. Tema berbeda dengan judul. Perbedaan tema dengan judul adalah sebagaimana diuraikan berikut ini.


Tema :

Berfungsi sebagai buah pikiran atau ide mengenai sesuatu. Tiap karangan apakah itu puisi, cerpen, novel atau karangan ilmiah tentu menggunakan tema apa yang akan ditulis. Bila diibaratkan karangan sebagai rumah maka tema merupakan pondasi bangunan itu. Tema pun sebagai poin penting yang dicari pembaca tulisan. Bila tema yang digunakan menarik sudah barang tentu akan menjadi nilai plus dari tulisan itu. Tema harus memiliki beberapa syarat sehingga sebuah tulisan menjadi menarik yaitu : penulis tertarik dengan hal itu, penulis memiliki pengetahuan yang baik mengenainya, bahan-bahan tulisan mudah didapatkan dan ada batasan mengenai pembahasannya. Sebelum menulis sebuah karangan, tema harus dirumuskan dengan baik dengan kriteria : jelas, kesatuan, pengembangan paragraf, orisinalitas dan judul harus relevan.


Judul :

Menjadi nama yang digunakan dalam sebuah buku, bab, kepala berita, dan sebagainya. Judul pun berfungsi sebagai identitas yang mampu memberikan gambaran isi karangan. Judul kerap dinamakan dengan kepala tulisan pada sebuah artikel. Sebelum menentukan judul karangan, seorang penulis harus memperhatikan syarat-syaratnya yaitu :

- Orisinal
Hindari memakai kalimat judul yang pernah digunakan. Jika memang sama maka usahakan mencari padanannya.

- Sesuai dengan isi
Gunakan judul yang relevan dengan tulisan artinya memiliki hubungan dengan tema atau beberapa sub penting tema.

- Provokatif
Sebuah judul jangan terlalu simpel yang membuat pembaca dengan mudah bisa memperkirakan isi tulisan. Jika sudah begitu pembaca kemungkinan tak akan membaca uraian tulisan itu.

- Ringkas
Membuat judul karangan jangan terlalu panjang. Buat kalimat padat yang langsung bisa menggambarkan pokok tulisan yang hendak dijelaskan. Dengan begitu maksud yang hendak diutarakan bisa tergambarkan melalui judul itu.

- Gunakan frasa
 Judul untuk awal kata wajib menggunakan huruf besar selain dari kata konjungsi dan preposisi. Sebuah judul pun tanpa penggunaan tanda baca pada akhir kalimat.

Sebuah judul dalam karangan bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu : judul langsung dan judul tak langsung. Judul langsung erat hubungannya dengan bagian pokok sebuah karangan. Judul tak langsung artinya tak secara lurus mengait ke pokok tulisan namun masih menjiwai seluruh isi tulisan.

Perbedaan tema dengan judul :

- Tema adalah pokok pikiran, gagasan atau ide tertentu yang hendak diutarakan pengarang lewat tulisan yang dibuatnya. Tema pun bertindak sebagai dasar sebuah karangan yang digunakan untuk dasar mengarang, menggubah puisi dan sebagainya.

- Judul berfungsi sebagai kepala sebuah karangan, perincian atau penjabaran sebuah tema. Judul bisa pula menjadi identitas untuk sebuah buku, bab pada buku yang menggambarkan secara singkat isi dari buku atau bab tersebut.