Sebelum Berbisnis, Ketahui Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Terjun sebagai wirausahawan atau entrepreneur adalah sesuatu yang harus digalakkan saat ini. Tak cuma melulu menjalankan usaha sendiri, seorang wirausahawan pun akan memperoleh pelajaran dan pengalaman dari wirausahawan lain yang lebih dulu berhasil. Dalam merintis bisnis sendiri tak bisa lepas dari dua istilah wirausaha dan kewirausahaan. Lalu apa sebenarnya perbedaan wirausaha dan kewirausahaan tadi? Berikut akan diuraikan perbedaan keduanya dari beberapa ahli.


Definisi wirausaha :

Yakni orang yang secara mandiri membangun suatu usaha dengan menggunakan semua sumber daya yang dimilikinya untuk menghasilkan laba. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi wirausaha persis dengan definisi wiraswasta, adalah seseorang yang pintar mengidentifikasi produk baru, kemudian memilih cara membuatnya, merencanakan langkah untuk penyediaan produk itu, menjualnya sekaligus menyediakan modal yang diperlukan. Wirausaha merupakan pilar terdepan pembangunan ekonomi yang berperan menciptakan berbagai inovasi terbaru. Richard Cantillon (1755) menyatakan bahwa wirausaha yaitu orang dengan jiwa penemu ataupun seseorang yang membuat hal-hal unik dan baru. Sementara J.B Say (1803) menjelaskan bahwa wirausaha yaitu pengusaha yang bisa mengolah berbagai sumber daya yang ada secara efektif dan efisien dengan produktivitas tinggi. Lain lagi dengan Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993) yang mendefinisikan wirausaha yaitu seseorang yang mampu mengolah, mengatur dan tidak takut dengan semua resiko yang mungkin terjadi dengan tujuan membuka peluang usaha baru. Sedangkan menurut Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004) menerangkan bahwa wirausaha merupakan penemu yang sukses merubah peluang menjadi suatu ide yang dapat dijual, bisa memberi nilai tambah dan tujuan utamanya adalah menghasilkan laba.

Definisi kewirausahaan :

Kewirausahaan yaitu kecakapan seorang manajer resiko (risk manager) untuk mendayagunakan seluruh sumber daya yang tersedia apakah itu berupa modal, pikiran, waktu serta skill kreatif untuk menciptakan produk atau bisnis yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri serta orang lain. Sedangkan definisi kewirausahaan seperti yang dijelaskan oleh Robert D.Hisrich yaitu proses kreatif demi menghasilkan apa saja yang mempunyai nilai plus dengan mendayagunakan seluruh daya upaya diantaranya waktu, modal, mental ataupun penerimaan penghargaan karena kepuasan orang lain. Peter F.Drucker pun memberikan definisinya mengenai kewirausahaan yakni kecakapan seseorang untuk membuat hal-hal baru yang berbeda. Sedangkan Stephen Robins menjelaskan kewirausahaan sebagai proses menemukan banyak peluang demi memenuhi kebutuhan dan keinginan lewat berbagai kreatifitas. Sementara dari pakar Indonesia, Salim Siagian menjelaskan kewirausahaan sebagai semangat, kebiasaan dan kemampuan merespon positif setiap peluang demi menghasilkan manfaat untuk diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik untuk orang lain sekaligus membuat produk yang lebih berguna. Caranya dengan mengaplikasikan sistem kerja efisien dan efektif, tak takut dengan resiko, kreatif, inovasi dan penguasaan manajemen.