Sama-Sama Sebagai Makanan Jiwa, Ini Perbedaan Musik Tradisional dan Musik Modern

Musik adalah makanan bagi jiwa. Musik bisa mengobati pikiran yang sedang lelah yang butuh hiburan sehat untuk membantu melepaskan stres karena pekerjaan dan aktifitas sosial lainnya. Jika kita melihat kembali sejarah, manusia suka dengan musik dan juga melodi sepanjang waktu. Orang-orang menunjukkan sentimen mereka lewat musik dalam situasi yang berbeda seperti dalam perang, kebahagiaan, upacara pernikahan, duka dan kesedihan dan lainnya. Hal yang cukup menarik yaitu di semua wilayah di dunia ini masyarakatnya memiliki citarasa universal untuk urusan musik ini. Singkatnya musik memiliki hubungan abadi yang mendalam dengan manusia.


Ada beberapa jenis musik di dunia ini namun secara umum hanya dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu musik tradisional dan musik modern. Apa saja perbedaan musik tradisional dan musik modern ini?

Musik tradisional :

Musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di Indonesia. Ciri utama jenis musik ini adalah pada isi lagu dan instrumen atau alat musik yang digunakan. Musik tradisional memiliki karakteristik yang khas yaitu pada lirik dan melodi yang disesuaikan dengan bahasa dan tradisi setempat. Indonesia adalah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang membentang dari Aceh hingga Papua. Di antara banyak pulau-pulau itu dihuni oleh masyarakat yang kemudian tumbuh dan berkembang membentuk tradisi, identitas dan seni musiknya sendiri.
Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki seni musik tradisional yang unik. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik bermain, pementasan dan bentuk alat musik dan jenis sumber bunyi yang dihasilkan. Hampir semua seni tradisional di Indonesia memiliki semangat kolektif yang tinggi sebagai bentuk kekhasan  masyarakat Indonesia yang ramah dan sopan. Namun dengan berlalunya waktu dan ditinggalkannya semangat tradisional maka satu persatu makin hilang jenis musik tradisional di Indonesia. Musik tradisional Indonesia dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu musik atau instrumen perkusi, alat musik petik dan alat musik gesek.

Musik modern :

Musik digambarkan sebagai bahasa yang hidup. Ketika musik modern lahir maka juga bisa dianggap sebagai cara untuk mengekspresikan bahasa baru. Musik selalu berkembang sementara bahasa tidak. Dalam konteks musik, tata bahasa yang digunakan dalam musik modern adalah harmoni, melodi, dan irama yang melanggar semua aturan. Musik modern menggunakan kata-kata asing yang menggambarkan lingkungan yang selalu berubah. Ada banyak genre musik saat ini yang cocok dengan penggambaran musik modern. Musik New Age sering menggunakan suara alam untuk menciptakan melodi. Musik Hip-hop musik adalah jenis musik yang pada awal kemunculannya disalahpahami oleh masyarakat, namun kini mulai diterima dan banyak disukai. Genre musik jazz juga telah berubah banyak bila dibandingkan dengan ketika pertama kali muncul. Ada juga jenis musik tekno yang merupakan gaya terbaru bermusik yang pertama kali lahir tahun 1980-an sebagai musik dansa elektronik.