Sama-Sama Menerima Uang, Ini Perbedaan Upah dan Gaji

Setiap PNS tiap awal bulan memperoleh uang sejumlah tertentu yang dinamakan dengan gaji. Tiap tenaga kerja tak terkecuali PNS pada merupakan orang yang menjual tenaga dan pikiran ke perusahaan swasta ataupun pemerintah dengan memperoleh sejumlah imbalan. Bila PNS dan pegawai swasta menerima gaji setiap bulannya maka ada juga seseorang yang memperoleh upah atas kerja yang dilakukannya. Lalu apa perbedaan upah dan gaji?

Perbedaan upah dan gaji bisa dilihat dari definisinya. Membuka KBBI, gaji memiliki arti upah atas kerja yang dilakukan dan diberikan dengan waktu yang sudah ditentukan. Gaji pun bisa berarti imbalan yang diperoleh seseorang dari perusahaan berupa sejumlah uang di waktu yang sudah ditentukan. Melihat pengertian tadi nampak bahwa ciri mendasar gaji yakni diberikan pada waktu tertentu dan tak bersifat tentative. Para ahli pun memberikan definisi tersendiri dari gaji ini misalnya Mathis And Lackson yang menyatakan bahwa gaji yakni sebuah imbalan yang dihubungkan dengan produktifitas individu, kelompok ataupun organisasi. Menurut Dessler, gaji yaitu sesuatu yang bisa berupa uang yang dibayarkan kepada tenaga kerja.

Gaji mempunyai fungsi penting untuk memotivasi pegawai sehingga mereka mau bekerja dengan efektif, berkinerja tinggi dan produktif. Suatu perusahaan modern sekarang ini sering menghubungkan gaji dan kinerja karyawannya. Dengan begitu gaji harus memenuhi dua unsur yaitu sebagai imbal jasa dari sesuatu yang sudah diberikan oleh karyawan kepada perusahaan atau pemerintah dan jumlah uangnya dibayarkan secara berkala. Gaji pun berjenjang yang mana untuk jabatan tertinggi akan memperoleh gaji terbesar.

Sementara pengertian upah yaitu imbalan yang diberikan untuk buruh yang melakukan pekerjaan kasar dan seringnya memakai tenaga fisik dengan  jumlah yang sudah disepakati. Upah bisa diberikan berdasar kerja harian, satuan atau borongan. Upah dibayarkan menurut produktifitas harian yang umumnya banyak dijumpai di pabrik. Kadang-kadang upah pun dibayarkan menurut jumlah barang yang mampu dihasilkan. Pekerjaan dengan imbalan berupa upah ini biasanya tak bersifat kontinyu namun hanya dalam waktu tertentu saja.

Ada lagi yang dinamakan dengan honor. Gaji tak bisa digunakan pada pembayaran jasa profesional misalnya pengacara, akuntan publik ataupun arsitek. Para pekerja profesional tadi merupakan tenaga kerja lepas dan bukan sebagai pekerja yang digaji. uang yang diperoleh dinamakan dengan honor atau fee dan tidak bisa disebut gaji apalagi upah.

Bisa disimpulkan perbedaan upah dan gaji yaitu bila gaji merupakan imbalan yang diberikan dari kinerja seseorang kepada perusahaan atau instansi pemerintahan dengan jumlah tetap serta dibayarkan dengan waktu yang sudah ditentukan. Upah diberikan kepada seorang pekerja atas usahanya menyelesaikan sejumlah pekerjaan yang bisa dibayarkan secara harian, satuan atau borongan. Besarnya upah biasanya dari hasil kesepakatan antara pekerja dengan pemberi kerja.