Perbedaan Will dan Going to Serta Penerapannya dalam Kalimat

Dalam tata bahasa Inggris saat akan mengungkapkan sebuah rencana ataupun peristiwa di masa depan pastinya menggunakan kalimat Future tense. Meskipun begitu pada penggunaan Future tense ada dua aturan penting yang mesti dimengerti dengan tepat yakni penggunaan kata Going to dan Will. Memang kalimat yang memakai Going to ataupun Will keduanya ditujukan untuk menunjukkan keterangan di waktu mendatang, akan tetapi ada perbedaan penggunaan. Perbedaan Will dan Going to bisa dijumpai dari contoh berikut ini.


Kata "Will" digunakan mengungkapkan aktivitas yang dilakukan dengan sukarela. Kata "Will" ini cenderung memperlihatkan jika si pembicara hendak mengerjakan sesuatu dengan sukarela, misalnya : suatu aktifitas sukarela dengan menawarkan suatu perbuatan kepada orang lain, memberikan tanggapan atas keluhan orang lain atau permintaan bantuan, memohon orang lain membantu kita atau melakukan suatu perbuatan untuk kita. Sementara kata "Will not" atau "Won't" digunakan saat kita menolak melakukan sesuatu dengan sukarela.

Misalnya :

- I will translate the email, so Mr. Smith can read it.

- I will bring you the basket of fruit when I get them.

- Will you help me fill the cup of coffee?

- I won't do all the housework myself!

Kata "Will" umumnya diperuntukkan ketika membuat kalimat janji misalnya :

- I promise I will not tell them about the presents.

- I will make you a glass of tea when you arrive.

- May be I will stay at home tonight.

- I think I will come to your party.

- I will possibly be a football player in the future.

Sedangkan kata "BE Going to" digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. "Be going to" menegaskan bahwa ada hal tertentu yang direncanakan. Kata ini lebih menyatakan ide bahwa seseorang berencana mengerjakan suatu pekerjaan di waktu mendatang. Tak peduli apakah rencana tersebut masuk akal ataupun tidak. Contoh penggunaan kata Going to adalah sebagai berikut :

- She is not going to meet the Boss today.

- I am going to have holiday in Macau.

- I am going to my friend’s house next morning.

- John has won the lottery. He is going to buy a new car.

- She is going to watch a basketball match next weekend.

Kata "Will " dan " Be Going To " pun bisa digunakan untuk mengungkapkan suatu perkiraan. Kata "Will " dan " Be Going to " bisa diterapkan untuk menunjukkan ide perkiraan umum mengenai masa depan . Ramalan atau tebakan mengenai apa yang mungkin akan terjadi di waktu mendatang . Penerapannya pada kalimat biasanya subjek memegang sedikit kendali dari masa depan. Pada permisalan berikut ini keduanya memiliki pengertian yang sama.

- The year 2222 will be a very interesting year.

- The year 2222 is going to be a very interesting year.