Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea Selatan Berikut Tips Berlibur ke Sana

Siapa tak kenal Samsung atau LG sebagai produsen ponsel kelas dunia, atau Hyundai dan Kia sebagai perusahaan mobil yang produknya lalu-lalang dimana-mana. Semua perusahaan itu berada di Korea Selatan. Korea Selatan memang menjelma sebagai negara industri sekaligus juga destinasi wisata tersohor di seluruh dunia. Jaraknya yang tak jauh dari Indonesia menjadikannya sebagai tujuan para wisatawan tanah air menikmati liburan di sana. Perbedaan waktu Indonesia dan Korea Selatan pun hanya terpaut 2 jam dimana di sana lebih dahulu waktunya.


Sehingga saat di Jakarta (Waktu Indonesia Barat) menunjukkan jam 05.00 itu artinya di Korea Selatan sudah jam 07.00. Bila ditarik garis lurus pada peta maka jarak Jakarta ke Korea Selatan sekitar 5280 km yang bisa ditempuh dalam waktu 6 jam 49 menit menggunakan pesawat terbang. Seoul dan Gangwon adalah dua kota yang sering dijadikan jujugan utama para pelancong. Keindahan dua kota tersebut sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. Memang semenjak menjamurnya demam Hallyu Waves di seluruh penjuru dunia, Negeri Gingseng ini dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata populer sejumlah besar traveler dunia. Di samping panorama alamnya yang cantik, negara  ini pun dikelilingi berbagai obyek wisata sejarah misalnya saja peninggalan kerajaan Joseon.

Bagi para warganegara Indonesia yang ingin liburan ke sana namun tak mau repot mengurus ini itu, pilihan paling tepat adalah memanfaatkan paket wisata dari perusahaan Tour and Travel. Memang agak mahal namun pelancong akan puas dalam menikmati liburan di sana. Biaya yang dikenakan untuk 8 hari liburan termasuk waktu keberangkatan dan kepulangan sekitar Rp.29 juta. Itu sudah termasuk biaya pengurusan visa Korea, tiket pesawat, biaya akomodasi selama di Korea dan sebagainya. Namun bila ingin murah tentu saja dengan melakukan semuanya sendiri. Seperti mencari tiket penerbangan murah seperti tiket promo. Bila beruntung, anda bisa mendapatkan tiket penerbangan promo hanya sekitar Rp.2,5 juta pulang pergi.

Sebelum pelesir tentunya anda harus menyiapkan segala sesuatunya termasuk pakaian. Anda harus memastikan dulu kondisi cuaca dan suhu di kota-kota Korea Selatan yang hendak anda kunjungi. Seperti diketahui Korea Selatan memiliki 4 musim seperti di wilayah Eropa pada umumnya. Ini menentukan pakaian jenis apa yang akan anda packing. Namun secara umum suhu di Korea Selatan akan lebih rendah dibanding rata-rata suhu di Indonesia. Jangan kelupaan untuk menyiapkan dokumen-dokumen perjalanan dan juga identitas diri.

Korea selatan terkenal sebagai surganya belanja bagi para turis dunia. Mulai dari kelas internasional hingga kelas pasar tradisional ada di sana. Namun pilihan paling tepat bagi turis yang ingin berhemat adalah Myeongdong. Lokasi belanja yang amat populer di Korea Selatan ini menawarkan beraneka produk busana ala K-Pop sweater ataupun long cardigan yang sering dikenakan oleh sejumlah artis K-Pop sebut saja para anggota girl band SNSD. Berbagai macam pernik perhiasan khas Korea yang lucu pun dijual lengkap di tempat. Tentunya dengan banderol yang cukup murah.

Kecuali Myeongdong, pilihan lain bagi para backpackers adalah Dongdaemun. Tempat tersebut dikitari oleh banyak bangunan mal dan pusat industri fesyen yang ditawarkan cukup miring. Pelancong bisa memborong baju, celana, tas, sepatu dan beragam aksesoris busana lainnya tanpa perlu menghabiskan isi kantong. Jam buka tempat belanja ini dimulai dari jam 8 pagi dan tutup pada jam 6 sore.