Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Dilengkapi Gambar

Sel hewan dan tumbuhan memiliki sejumlah kesamaan tetapi juga beberapa perbedaan. Untuk memahami struktur sel dasar, maka penting untuk memahami perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Keduanya berbeda dalam beberapa fungsi penting. Sel hewan dan tumbuhan memiliki beberapa bagian struktur yang sama. Pertama keduanya termasuk golongan eukariotik atau sel yang memiliki inti. Inti tersebut mengandung kromosom yang dilindungi dan dikelilingi oleh sitoplasma seperti gel.


Selanjutnya, baik sel hewan ataupun sel tumbuhan memiliki membran sel yang mengelilingi sel. Hal ini memungkinkan sel dalam melakukan kontrol mengenai zat-zat apa yang bisa keluar masuk ke dalam sel. Proses keluar masuknya molekul-molekul masuk atau keluar dari sel melalui membran menggunakan mekanisme osmosis.

Salah satu perbedaan utama antara sel hewan dan tumbuhan adalah bahwa sel-sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Organel paling luar dari sel tumbuhan ini akan membantu memeprtahankan tekanan tinggi di dalam sel tanpa pecah. Sebuah sel tumbuhan harus dapat menampung sejumlah besar cairan melalui proses osmosis tanpa meledak. Sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Jika sel hewan ini diisi dengan sejumlah besar massa air atau cairan lainnya maka pada akhirnya sel akan pecah. Kebanyakan sel hewan berada di dalam suatu organisme yang memiliki rangka eksoskeleton atau endoskeleton sebagai sebuah struktur rangka. Tumbuhan tidak memiliki rangka apapun sehingga sel-selnya harus mempunyai pelindung yang kuat berupa dinding sel.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan lain yaitu adanya kloroplas pada sel tumbuhan. Sel-sel tumbuhan menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi mereka. Sinar matahari harus dikonversi menjadi energi dalam proses yang disebut fotosintesis. Kloroplas yang melakukan fungsi tersebut. Konversi energi dalam tanaman adalah seperangkat reaksi kompleks yang sama dengan yang dilakukan oleh mitokondria pada sel-sel hewan. Pada sel-sel hewan, mitokondria menghasilkan sebagian besar energi sel dari makanan.

Berikutnya perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yaitu adanya vakuola dalam sel tumbuhan. Vakuola memiliki ukuran besar, sebagai organel yang berisi cairan yang ditemukan hanya dalam sel tumbuhan. Vakuola dapat mengambil hingga 90% dari volume sel dan memiliki membran tunggal. Fungsi utama Vakuola adalah sebagai semacam ruang pengisi dalam sel sekaligus juga menjalankan fungsi pencernaan dan digunakan sebagai lokasi penyimpanan zat makanan. Sel hewan pun sebetulnya memiliki vakuola namun ukurannya kecil dan adakalnya bahkan tak ditemukan.

Perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan bisa disimpulkan sebagai berikut :

- Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang mengelilingi membran sel, sedangkan sel hewan hanya memiliki membran sel.

- Sel tumbuhan memiliki kloroplas yang membantu dalam fotosintesis. Kloroplas tidak ada di dalam sel hewan.

- Sel-sel hewan memiliki vakuola dengan ukuran kecil dibandingkan dengan sel tumbuhan yang memiliki vakuola berukuran sangat besar dan mendominasi keseluruhan badan sel.

- Sel tumbuhan kebanyakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran seragam sedangkan sel-sel hewan sangat bervariasi dalam ukuran dan bentuk.