Kamis, 25 Februari 2016

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya

loading...
Sel memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa jenis sel ditutupi oleh dinding dan lainnya tidak. Beberapa memiliki mantel berlendir atau struktur memanjang yang mampu melindungi dari pengaruh lingkungan. Beberapa jenis sel memiliki lapisan tebal yang mengelilingi bagian dalam. Lapisan tersebut disebut kapsul dan ditemukan dalam sel bakteri. Tubuh manusia pun terdiri dari sekitar 200 jenis sel berbeda. Sel hewan dan sel tumbuhan selain memiliki persamaan juga memiliki beberapa perbedaan dasar.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan terutama dari organel-organel khusus yang hanya dimiliki oleh masing-masing sel. Sel hewan misalnya memiliki organel sentriol dan lisosom yang tak ditemukan pada sel tumbuhan. Sebaliknya sel tumbuhan memiliki dinding sel, kloroplas dan vakuola yang tak dijumpai pada sel hewan. Berikut adalah organel-organel penyusun sel beserta fungsinya :

- Membran Plasma, terdiri dari dua lapisan lipid yang disebut membran "bilipid". Lipid yang terdapat dalam membran plasma disebut "fosfolipid."
- Saluran membran plasma sel. Saluran ini tersusun dari protein tertentu yang mengontrol pergerakan molekul, termasuk makanan dan air ke dalam sel.
- Nukleus, adalah pusat kendali dari sel. Nukleus adalah organel terbesar dalam sel dan mengandung DNA. DNA (deoxyribonucleic Acid) berisi semua informasi sel. Di dalam nukleus adalah organel lain yang disebut nukleolus. nukleolus bertanggung jawab memproduksi ribosom.
- Retikulum endoplasma (RE), adalah jaringan dari selaput di seluruh sitoplasma sel. Ada dua jenis RE yaitu yang kasar jika ada ribosom yang melekat dn RE halus jika tidak ada ribosom melekat. Retikulum endoplasma kasar adalah tempat sintesis protein yang paling banyak terjadi di dalam sel. Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk mensintesis lipid dan detoksifikasi zat berbahaya di dalam sel.
- Ribosom, membantu dalam sintesis protein. Beberapa ribosom ditemukan di sitoplasma, tetapi sebagian besar melekat di retikulum endoplasma.
- Badan Golgi, adalah organel sel yang bertanggung jawab menyortir dan mengirimkan protein ke bagian lain sel. Jika badan Golgi membuat kesalahan dalam pengiriman protein maka fungsi-fungsi tertentu dalam sel dapat berhenti.
- Mitokondria, layaknya pembangkit tenaga listrik bagi sel. organel ini membuat energi dari zat makanan menjadi molekul ATP. Setiap jenis sel memiliki jumlah mitokondria berbeda-beda.
- Kloroplas, adalah organel di mana fotosintesis berlangsung. Dalam organel ini energi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia. Kloroplas hanya ditemukan dalam sel tumbuhan. Energi kimia yang dihasilkan oleh kloroplas akhirnya digunakan untuk membuat karbohidrat seperti zat pati yang bisa disimpan. Kloroplas mengandung pigmen kecil yang disebut klorofil. Klorofil bertanggung jawab untuk menjebak energi cahaya dari matahari.
- Vesikel, berperan dalam transportasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh sel.
- Vakuola, sel tumbuhan memiliki ruang kosong yang sangat besar di tengah yang disebut vakuola. Namun ternyata vakuola mengandung sejumlah besar air dan senyawa penting seperti gula, ion dan pigmen.
- Sitoplasma, adalah istilah untuk semua isi sel selain nukleus.  Sitoplasma sebagian besar kandungannya adalah air. Sering dikatakan bahwa sebagian besar penyusun tubuh manusia adalah air, itulah sitoplasma.
- Dinding sel, selain membran sel, tumbuhan pun memiliki dinding sel. dinding sel memberikan perlindungan dan dukungan bagi tumbuhan. Pada tanaman darat, dinding sel sebagian besar terbuat dari selulosa. Tidak seperti membran sel, molekul-molekul tidak bisa melalui dinding sel, ini akan menjadi masalah bagi sel tumbuhan sehingga di beberapa bagian ada sedikit lubang ke lingkungan di luar sel yang disebut plasmodesmata. Lubang ini digunakan untuk berkomunikasi dan transportasi bahan antara sel tumbuhan serta bertukar bahan yang dibutuhkan.
- Peroksisom, bertugas mengumpulkan berbagai bahan kimia beracun dan kemudian memecahnya secara aman.
- Sentriol, organel ini hanya ditemukan pada sel hewan dan berfungsi ketika sel membelah untuk membantu organisasi kromosom.
- Lisosom, dibuat oleh Badan Golgi yang bertugas membantu memecah molekul besar menjadi potongan-potongan kecil sehingga dapat digunakan sel.
- Sitoskeleton, terdiri dari filamen dan tubulus yang ikut memberikan bentuk dan mendukung sel.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya