Langsung ke konten utama

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Dalam dunia tumbuhan dikenal yang namanya pertumbuhan dan perkembangan. Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan bisa dilihat dari definisi keduanya. Pertumbuhan terkandung arti penambahan ukuran yang bisa massa, volume, tinggi ataupun jenis ukuran lain yang bisa dihitung secara kuantitatif. Sementara perkembangan memiliki arti meningkatnya kedewasaan individu. Tumbuhan disebut sudah dewasa bila alat reproduksi yang dimilikinya sudah berfungsi dalam hal ini sudah berbunga. Beberapa lainnya memberikan definisi perkembangan yaitu perubahan karena terjadinya diferensiasi sehingga mengakibatkan perubahan struktur dan fungsi organ-organ tumbuhan menjadi kian kompleks.

Pertumbuhan :

Dilihat dari artinya, pertumbuhan adalah perubahan yang bisa dikenali menurut ukuran atau kuantitas. Pertumbuhan mencakup pertambahan besar sebagai akibat meningkatnya jumlah sel penyusun jaringan. Proses pertumbuhan bersifat irreversible atau tak bisa kembali ke bentuk awal. Namun di sejumlah kejadian proses tadi bisa juag bersifat reversible sebab dalam pertumbuhan berlangsung pula penyusutan ukuran dan jumlah sel dikarenakan kerusakan sel. Sel tubuh mempunyai kemampuan untuk tumbuh lagi menghasilkan jaringan yang sama. Melalui proses perbanyakan sel maka akan menghasilkan lagi kumpulan sel meristematis penyusun batang, daun, akar dan organ reproduksi. Pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif sel, organ tertentu ataupun organisme secara keseluruhan. Pertumbuhan tanaman bisa berbentuk pertumbuhan primer dan juga pertumbuhan sekunder. Dua macam pertumbuhan tersebut sebetulnya bermula dari jaringan sama yaitu jaringan Meristem. Jaringan Meristem adalah tipe jaringan dengan karakteristik aktif membelah. Pertumbuhan primer berawal dari jaringan meristem primer sementara pertumbuhan sekunder bermula dari jaringan meristem sekunder.

Perkembangan :

Lebih pasnya didefinisikan sebagai bentuk perubahan kualitatif dengan mengikutkan perubahan struktur dan fungsi yang kian kompleks. Aspek yang mesti dimengerti dari perkembangan ini yaitu terjadinya diferensiasi sel. Diferensiasi bisa dimaknai sebagai perubahan sel ke bentuk lain yang tak sama dengan sel asli apakah itu dilihat dari fungsi, ukuran atau bentuknya. Diferensiasi ini contohnya bisa Anda jumpai ketika pembentukan bunga. Pertanyannya dari mana bunga itu bermula? Samakah dengan ketika tumbuh tunas? Kenapa di bagian itu yang tumbuh malah bunga?

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu :

- Faktor internal misalnya adalah produksi hormon (misalnya : Auksin, Giberelin, dsb) yang mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

- Faktor eksternal misalnya keadaan fisika dan kimia lingkungan diantaranya panjang pendeknya hari, suhu, pasokan zat makanan ataupun pencahayaan.

Sehingga bisa disimpulkan jika dalam pertumbuhan dan perkembangan merupakan output dari perpaduan faktor internal dan faktor eksternal. Mandeknya pertumbuhan suatu organ atau jaringan pada tumbuhan bisa dipicu oleh salah satu dari kedua faktor tadi atau juga keduanya secara bersama-sama.


loading...
Theme Editor by Seo v6