Jumat, 18 Agustus 2017

Pengertian Visi dan Misi Sekolah

Sekolah tak sebatas tempat untuk mendapatkan ijasah. Sekolah pun tak cuma menjadi tempat memperoleh nilai. Sebab sekolah merupakan sarana belajar para siswa. Belajar tentang apa saja mulai dari mata pelajaran, kehidupan sosial serta kehidupan. Sekolah merupakan tempat bagi para peserta didik untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Karena itu sekolah harus memiliki visi dan misi. Layaknya sebuah perusahaan, visi dan misi sekolah sangat penting untuk mencapai tujuan sekolah.


Visi sekolah berbeda dengan misi sekolah. Visi sekolah memiliki cakupan lebih panjang, sementara misi sekolah adalah cara yang digunakan untuk mencapai visi sekolah tersebut. Pengertian visi dan misi sekolah bisa disimak dari uraian singkat berikut ini :

Visi Sekolah :

Adalah harapan atau cita-cita yang hendak diwujudkan oleh seluruh warga sekolah. Visi sekolah berfungsi sebagai harapan bersama seluruh warga sekolah sekaligus seluruh pihak terkait di masa mendatang. Visi sekolah yang baik akan bisa menginspirasi, memotivasi sekaligus memberikan kekuatan bagi seluruh unsur sekolah dan stake holder. Visi sekolah dibuat mengacu pada masukan seluruh komponen sekolah yang sejalan dengan visi lembaga yang menaungi hingga tingkat pusat. Visi sekolah ditetapkan berdasar hasil rapat dewan pendidik yang di bawah pimpinan kepala sekolah yang mempertimbangkan masukan dari komite sekolah. Visi sekolah selanjutnya dijelaskan ke seluruh warga sekolah maupun stake holder. Sebuah visi sekolah bisa ditinjau ulang secara periodik dengan melihat perkembangan yang terjadi.

Misi Sekolah :
Adalah usaha yang dijalankan seluruh unsur sekolah demi merealisasikan visi sekolah yang sudah dibuat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyusun misi sekolah yaitu :

- Mampu memberikan arah jelas untuk mencapai visi sekolah berdasarkan tujuan pendidikan nasional.
- Menjadi tujuan yang hendak diwujudkan untuk jangka waktu tertentu.
- Sebagai dasar program pokok sekolah.
- Menitik beratkan ke mutu layanan peserta didik dan lulusan.
- Berisikan pernyataan umum dan khusus yang berhubungan dengan program sekolah.
- Menawarkan fleksibilitas dan ruang gerak cukup bagi peningkatan usaha satuan-satuan unit sekolah yang terkait.
- Dibuat berlandaskan masukan dari semua pihak tak terkecuali komite sekolah kemudian ditetapkan dengan rapat dewan pendidik di bawah pimpinan kepala sekolah.
- Dijelaskan ke seluruh unsur sekolah dan stake holder.
- Ditinjau ulang secara periodik menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Contoh visi dan misi sekolah :

Visi sekolah : Terwujudnya peserta didik yang beriman, cerdas, terampil, mandiri dan berwawasan global.

Misi sekolah :

- Mengajarkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamalan aturan agama.
- Mendayagunakan proses belajar-mengajar dan konseling.
- Meningkatkan penguasaan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menurut bakat, minat dan kemampuan siswa.
- Membangun jiwa kemandirian siswa lewat upaya pembiasaan, kewirausahaan serta pengembangan diri dengan terencana dan berkelanjutan.
- Membina hubungan serasi sesama unsur sekolah sekaligus institusi lain yang terlibat.