Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli di Bidang Organisasi

Tiap perusahaan, organisasi dan bahkan individu niscaya memiliki visi dan misi yang digunakan untuk meraih keberhasilan. Visi dan misi selalu disandingkan satu sama lain. Visi merupakan kondisi yang dikehendaki di masa mendatang. Dengan visi maka akan diperoleh motivasi dan pedoman sekaligus juga batasan-batasan dalam merencanakan strategi mencapai tujuan jangka panjang.


Tidak sedikit perusahaan atau individu yang membuat pernyataan visi dan misi. Pernyataan visi biasanya dibuat dengan menjawab pertanyaan : Apa yang hendak dicapai? sementara pernyataan misi untuk menjawab pertanyaan : Apa bisnis kita?. Lalu apa sebenarnya pengertian visi dan misi menurut para ahli?

Pernyataan visi yang mengena biasanya akan mencerminkan dengan gamblang gambaran perusahaan yang hendak dikembangkan. Visi difungsikan untuk panduan dalam merubah apa-apa yang terkait dengan perusahaan. Visi akan menjabarkan kepada karyawan ke mana perusahaan hendak mengarah. Visi yang efektif diantaranya mesti mempunyai ciri antara lain : bisa dibayangkan, menarik, realistis dan bisa diwujudkan, jelas, aspiratif dan peka dengan adanya perubahan lingkungan dan juga gampang dimengerti. Berikut adalah pengertian visi dari sejumlah ahli dalam masalah organisasi :

- Indrakaralesa (2007) memberikan pengertian visi adalah : pencerminan dari beberapa keyakinan dan asumsi dasar mengenai semuanya baik itu mengenai masalah ilmu dan teknologi, kemanusiaan, politik, ekonomi, seni dan budaya serta etika.

- Ancok (2007) mendefinisikan visi : yakni sebuah pernyataan yang memuat panduan jelas mengenai hal-hal yang hendak dilakukan perusahaan untuk masa mendatang.

- Mita (2008) mengatakan bahwa visi yakni apa-apa yang kita bayangkan secara ideal yang hendak diraih pada masa mendatang.

- Aditya (2010) memberikan pengertian visi yaitu sebuah perspektif mendalam untuk masa mendatang mengenai perusahaan, tujuan perusahaan dan hal yang mesti dilaksanakan agar tujuan itu tercapai.

- Arman (2008) menyatakan bahwa visi adalah pernyataan yang menjabarkan hal-hal yang hendak diwujudkan perusahaan untuk waktu mendatang.

Misi memiliki pengertian apa-apa yang membuat kita ada atau why we exist. Pernyataan misi harus bisa menggambarkaan kebutuhan apa yang membuat perusahaan puas, siapa saja yang mempunyai kebutuhan itu, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tadi diwujudkan. Berikut adalah pengertian misi dari sejumlah ahli dalam masalah organisasi :

- Wibisono (2006) menggambarkan misi sebagai penetapan target atau tujuan perusahaan untuk waktu yang singkat yang umumnya satu hingga tiga tahun.

- Arman (2008) mendefinisikan misi sebagai kumpulan pernyataan yang mencerminkan hal-hal yang tengah atau hendak dijalankan atau mau dicapai dalam waktu dekat.

- Drucker (2000:87) menyatakan misi adalah sebab utama kehadiran sebuah perusahaan. Pernyataan misi perusahaan utamanya pada tingkat unit bisnis akan mempengaruhi batas dan maksud dari kegiatan bisnis sebuah perusahaan.

- Wheelen memberikan pengertian misi sebagai deretan kalimat yang menjelaskan tujuan atau sebab keberadaan suatu perusahaan berisikan hal-hal yang ditawarkan perusahaan untuk konsumen bisa berbentuk produk maupun layanan.