Rabu, 03 Februari 2016

Paham Perbedaan Otot dan Rangka Manusia

loading...
Setiap kali Anda berjalan, duduk di kursi atau memeluk buah hati Anda, pasti menggunakan satu kesatuan kerja dari tulang, otot dan sendi. Tanpa bagian-bagian tubuh yang penting tersebut kita tidak akan mampu berdiri, berjalan, berlari atau bahkan duduk. Tulang memberikan bentuk tubuh dan mendukung serta melindungi organ dan sistem di dalam tubuh. Kumpulan tulang pemberi bentuk tubuh tadi dinamakan dengan rangka. Sementara otot adalah bagian yang mampu menggerakkan tulang rangka tubuh. Dari pengertian itu jelas sekali perbedaan otot dan rangka.

Dari kepala hingga jari-jari kaki, tulang memberikan dukungan bagi tubuh kita. Tulang tengkorak melindungi otak dan membentuk wajah kita. Sumsum tulang belakang merupakan jalur pesan antara otak dan tubuh yang dilindungi oleh tulang punggung atau tulang belakang. Rangka manusia memiliki 206 tulang yang mulai berkembang sebelum kelahiran. Ketika membentuk rangka tubuh pertama kali, terbuat dari tulang rawan yang fleksibel, tetapi dalam beberapa minggu kemudian dimulailah proses penulangan. Osifikasi adalah proses ketika tulang rawan diganti dengan bahan keras dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai penyusun utama tulang. Dibutuhkan sekitar 20 tahun untuk proses osifikasi ini.

Rangka manusia terdiri dari tiga bagian penting yaitu rangka kepala, rangka badan dan rangka anggota gerak. Rangka kepala dinamakan juga tengkorak dengan bentuk bulat yang dirangkai dari kumpulan tulang pipih. Rangka badan terdiri dari ruas tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk. Sementara rangka anggota gerak terdiri dari rangka tangan dan rangka kaki.

Rangka tidak bekerja sendiri sebab ia membutuhkan bantuan dari otot-otot dan sendi. Otot menarik sendi yang memungkinkan kita untuk bergerak. Otot juga membantu tubuh Anda melakukan fungsi lain sehingga Anda dapat tumbuh dan tetap kuat, seperti mengunyah makanan yang kemudian bergerak melalui sistem pencernaan. Tubuh manusia memiliki lebih dari 650 otot atau setengah dari berat badan seseorang. Otot terhubung ke tulang oleh jaringan layaknya kabel yang disebut tendon. Tendon ini lah yang memungkinkan otot untuk menggerakkan tulang. Jika Anda menggoyangkan jari-jari Anda, Anda dapat melihat tendon di bagian belakang tangan Anda sedang bergerak karena sedang melakukan tugasnya.

Manusia memiliki tiga jenis otot meliputi :

- Otot rangka
Menempel pada tulang utamanya pada kaki, lengan, perut, dada, leher dan wajah. Otot rangka disebut juga otot lurik karena mereka terdiri dari serat dengan garis-garis horisontal bila diamati di bawah mikroskop. Otot-otot ini menangani tulang bersama-sama untuk memberikan bentuk tubuh, dan membuat gerakan sehari-hari. Disebut juga otot sadar karena Anda dapat mengontrol gerakannya. Otot ini dapat berkontraksi (memanjang atau memendek) dengan cepat dan kuat, tetapi sayangnya mudah lelah. Jika sudah lelah maka harus diistirahatkan dulu.

- Otot polos
Tersusun dari serat yang terlihat halus tanpa lurik-lurik. Kita tidak bisa secara sadar mengendalikan otot polos ini sebab mereka dikendalikan oleh sistem saraf secara otomatis. Contoh otot polos yakni otot di dinding lambung dan usus yang membantu memecah makanan dan memindahkannya melalui sistem pencernaan. Otot polos juga ditemukan dalam dinding pembuluh darah yang bertugas memompa aliran darah yang mengalir melalui pembuluh-pembuluh untuk membantu menjaga tekanan darah. Otot polos membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa berkontraksi namun bisa menjalankan tugasnya untuk waktu yang lama dan tidak mudah lelah.

- Otot jantung
Ditemukan di organ jantung. Dinding ruang jantung tersusun hampir seluruhnya dari serat otot ini. Otot jantung juga merupakan jenis otot polos yang mampu berkontraksi secara berirama memompa darah keluar dari jantung.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Paham Perbedaan Otot dan Rangka Manusia