Selasa, 09 Februari 2016

Mudah Memahami Perbedaan Visi Misi dan Tujuan

Tim manajemen bertugas memimpin suatu organisasi atau perusahaan menggunakan kata-kata dan dengan perbuatan. Seorang pemimpin yang sukses dapat menyatukan seluruh staf di belakangnya untuk mencapai lebih dari yang mereka dapat capai secara individual. Bagian dari proses ini pastinya akan melibatkan pengenalan visi misi dan tujuan yang hendak dicapai organisasi atau perusahaan kepada para bawahan. Lantas apa perbedaan visi misi dan tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan?

Pemilik bisnis atau manajer akan mengalami keberhasilan dalam membangun tim dan keberhasilan dalam bisnis bila mempunyai visi, misi dan tujuan perusahaan secara jelas. Kemudian juga mampu menjelaskan visi, misi dan tujuan tersebut kepada semua orang yang terlibat dalam sebuah perusahaan. Perusahaan harus dengan jelas mampu mengidentifikasikan bagaimana perusahaan dalam sepuluh atau dua puluh tahun ke depan sehingga mereka memiliki cetak biru untuk mewujudkannya. Visi, misi dan tujuan digunakan sebagai arah baik untuk perusahaan maupun arah hidup seseorang. Anda tidak akan pernah mencapai apa pun jika arah yang anda tempuh salah. Agar memiliki arah yang benar, maka langkah pertama adalah Anda harus memahami apa itu visi, misi dan tujuan.

Visi mendefinisikan cara yang ditempuh organisasi atau perusahaan akan seperti apa di masa yang akan datang. Visi adalah pandangan jangka panjang. Inti dari visi yaitu gambaran atau pandangan yaitu gambaran perusahaan dalam jangka panjang. Tak hanya untuk perusahaan, visi pun bisa diterapkan untuk individu. Bayangkan gambaran diri anda di masa yang akan datang. Akan seperti apa Anda kedepannya, Itulah visi Anda. Bila Anda ingin memiliki visi, anda bisa mengawali dengan kata “menjadi”. Deskripsikan gambaran diri anda sebaik mungkin. Tidak usah takut itu tak akan tercapai, Anda akan mendapati jalan sukses bila tahu pasti anda akan ke mana.

Misi mendefinisikan tujuan mendasar dari sebuah organisasi atau perusahaan, ringkas menjelaskan mengapa ada dan apa yang dilakukan untuk mencapai visi. Tak seperti visi, misi merupakan tujuan mendasar suatu organisasi atau perusahaan dan bahkan personal. Misi menjabarkan alasan adanya dan apa yang harus dijalankan demi mewujudkan visi. Misi merupakan strategi dalam mewujudkan visi.

Tujuan adalah hasil yang dikehendaki oleh organisasi, perusahaan atau individu. Tujuan juga berisi rencana dan komitmen untuk mewujudkan apa diinginkan. Kebanyakan orang berusaha mewujudkan tujuan dengan memberikan tenggat waktu tertentu. Tujuan yang dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan objective atau goal. Yang membedakan dengan misi yaitu, bila misi berfokus mengenai tujuan eksistensi perusahaan atau seseorang, sedangkan tujuan mengandung jangkauan lebih sempit dan sebagai bagian misi. Bila misi dinamakan dengan tugas, selanjutnya tujuan merupakan beberapa tugas kecil sebagai komponen misi.
Mudah Memahami Perbedaan Visi Misi dan Tujuan Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum