Menyoal Perbedaan Warga Negara dengan Penduduk

Perbedaan warga negara dengan penduduk bisa dilihat dari definisi keduanya. Definisi penduduk yaitu masyarakat yang berdiam atau bertempat tinggal di sebuah negara. Tidak berarti setiap penduduk itu merupakan anggota sebuah negara sebab sejumlah penduduk mungkin merupakan ekspatriat atau warga negara asing. Sementara definisi warga negara yaitu masyarakat yang secara hukum merupakan anggota resmi sebuah negara. Dengan lain pengertian, warga negara yaitu rakyat sebuah negara yang dinyatakan secara peraturan yang berlaku di negara itu. Warga negara sudah pasti sebagai bagian dari negara tersebut.


Kata penduduk memiliki pengertian lebih luas dibanding warga negara. Pada Pasal 26 ayat (2) UUD 1945 menyatakan jika penduduk yaitu warga negara Indonesia termasuk warga asing yang berdiam di Indonesia. Dengan begitu di wilayah Indonesia setiap orang yang tinggal tak terkecuali ekspatriat pun merupakan penduduk Indonesia. Pada Pasal 1 UU RI No. 12 tahun 2006, dijelaskan bahwa warga negara yaitu rakyat sebuah negara yang diputuskan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sementara kewarganegaraan yaitu segala hal ihwal yang terkait warga negara. Pewarganegaraan yaitu mekanisme bagi warga asing dalam memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia.

Adanya rakyat sebagai penduduk atau warga negara secara hukum dicantumkan pada Pasal 26 UUD 1945 dengan kalimat : "Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara". Kemudian "Penduduk ialah Warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia". Selanjutnya lagi "Hal-hal tentang warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang".

Membahas mengenai warga negara, dikenal asas-asas kewarganergaraan yaitu :  Asas Ius Soli dan Ius Sanguinis serta Asas Bipatride dan Apatride. Lus Soli atau asas kelahiran yaitu status kewarganegaraan seseorang menurut negara dimana ia lahir. Bayi yang lahir di negara A misalnya maka otomatis ia  adalah warga negara A meski kedua orang tua merupakan warga negara B. Asas Lus Soli diterapkan di beberapa negara seperti Mesir, Inggris dan Amerika. Sementara Lus Sanguinis yaitu status kewarganegaraan yang ditentukan menurut keturunan dari negara mana ia berasal. Bayi yang dilahirkan di negara A namun kedia orang tua merupakan warga negara B, maka otomatis bayi tersebut adalah warga negara B. China adalah negara dengan asas ini.

Asas Bipatride atau dua kewarganegaraan terjadi jika berdasarkan Undang-Undang kedua negara terkait seseorang dinyatakan menjadi warga negara dari dua negara tersebut. Sementara asas Apartride tak memiliki kewarganegaraan terjadi jika berdasarkan Undang-Undang Kewarganegaraan suatu negara seseorang tak dianggap sebagai warga negara negara manapun. Jadi bisa disimpulkan bahwa perbedaan warga negara dengan penduduk adalah dengan melihat keterkaitan hukum seseorang di suatu negara.