Langsung ke konten utama

Menyoal Perbedaan iPhone 4G dan 4S

Ada sebagian orang yang menyebut iPhone 4 dengan iPhone 4G. Namun sejatinya iPhone 4G adalah seri pendahulu dari iPhone 4S. Lalu apa perbedaan iPhone 4G dan 4S ini? Sepintas lalu nyaris tak ditemukan perbedaan antara iPhone 4G (iPhone Four Generation) dibanding iPhone 4S. Apple tetap mempertahankan desain luar dan hanya berfokus memperbaiki jeroannya. Tampilan kedua perangkat ini tetap mengusung desain bodi stainless steel yang dipercantik lis tipis "metal band" di sepanjang sisi-sisinya.

Perangkat iPhone 4S menawarkan berbagai keunggulan penting bila membandingkannya dengan iPhone 4G. Perbedaan iphone 4G dan 4S yang pertama adalah untuk yang terbaru sudah membawa processor A5 Dual Core yang makin cepat dan juga lebih bisa menghemat baterai bila dikomparasi dengan processor iPhone 4G yang masih Single Core. Sementara kapasitas RAM yang dibenamkan, keduanya masih tetap menggunakan ukuran 512 MB. Untuk chip grafis, iPhone 4S menawarkan kinerja yang 7 kali lebih baik dibanding pada iPhone 4G berdasar hasil pengujian.

Perbedaan iphone 4G dan 4S berikutnya, untuk iPhone 4S saat ini telah berbasis platform iOS 5 yang memboyong berbagai fitur terbaru antara lain iMessage yaitu kemampuan mentransfer foto, video atau tulisan antar pengguna iOS 5. Ada lagi fitur Notification Center untuk manajemen notifikasi yang lebih baik, peramban Safari terbaru, fitur Twitter serta Reminder yang diperbaiki. Namun begitu untuk pengguna iPhone 4G dengan platform iOS 4 tetap diberi kesempatan melakukan upgrade ke iOS 5 cuma-cuma. Saat ini keduanya pun diberikan kesempatan melakukan upgrade ke iOS 6 dan iOS 7. Bila iPhone 4S juga bisa dipasang iOS 8 maka untuk iPhone 4G sama sekali tak bisa menggunakan sebab akan sangat lambat jika dipaksakan.

Perbedaan lain, iPhone 4S sudah memiliki fitur Siri sebagai asisten pintar yang mampu memahami perintah suara yang diinstruksikan penggunanya. Fitur Siri bisa membuka beberapa aplikasi di dalam perangkat yang akan makin memudahkan pengguna mengoperasikannya. Akan tetapi agak disayangkan sebab Siri tak bisa digunakan dengan lancar bila berada di luar Amerika dan sebatas memfasilitasi perintah dalam bahasa Inggris.

Perbedaan iphone 4G dan 4S di sektor kamera, untuk iPhone 4S sudah disertakan kamera 8 MP yang sanggup membuat video dengan kualitas Full HD 1080p. Ini tentu lebih handal dibanding iPhone 4G yang cuma terpasang kamera 5 MP serta sebatas sanggup merekam video berkualitas HD 720p. Pihak vendor pun mengandalkan lensa baru untuk iPhone 4S yaitu menggunakan apperture f/2.4. Sedangkan untuk akses dunia maya, iPhone 4S mensupport jaringan HSPA+ dengan kecepatan unduhan mencapai 14,4 Mbps mengungguli 4G yang hanya berkecepatan unduhan 7,2 Mbps.

Untuk media penyimpanan data internal, pilihan kapasitas pada iPhone 4S lebih banyak yaitu 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Sedangkan untuk iPhone 4G hanya diberikan 2 opsi yaitu 16 GB dan 32 GB. Dan meski membawa kapasitas baterai yang sama namun untuk daya hidup, iPhone 4S bisa lebih lama 1 jam jika sama-sama digunakan berbicara di jaringan 3G (iPhone 4G 7 jam dan iPhone 4S 8 jam).


loading...
Theme Editor by Seo v6