Mencoba Paham Perbedaan Negara Kesatuan dengan Negara Serikat

Negara adalah sebuah organisasi masyarakat yang memiliki sejumlah syarat tertentu. Namun sebuah organisasi masyarakat baru boleh dinamakan negara jika organisasi tadi memenuhi beberapa unsur dari sebuah negara. Berdasarkan Konvensi Montevideo, sebuah negara mesti memiliki 4 unsur konstitutif yaitu : memiliki penghuni yaitu rakyat, warganegara atau penduduk, memiliki wilayah atau lingkungan kekuasaan, memiliki kekuasaan tertinggi dan kemampuan melakukan hubungan dengan negara lain.


Bentuk negara dan bentuk pemerintahan acapkali keliru dalam mengartikan. Bentuk negara adalah susunan atau organisasi negara secara utuh baik itu daerah, bangsa ataupun pemerintahan. Bentuk negara menggambarkan dasar negara, susunan dan tata tertib sebuah negara yang terkait dengan bagian tertinggi suatu negara itu dan kedudukan tiap-tiap bagian tersebut dalam kedaulatan negara. Sementara bentuk pemerintahan hanya meliputi struktur organisasi dan fungsi pemerintahan saja tanpa melibatkan struktur daerah ataupun bangsa. Bentuk pemerintahan menggambarkan bekerjanya bagian-bagian tertinggi negara yang harus tetap tunduk pada ketentuan yang bersifat tetap.

Bentuk negara ada dua yaitu negara kesatuan dan negara serikat (federasi). Ada beberapa perbedaan antara keduanya. Perbedaan negara kesatuan dengan negara serikat bisa dilihat dari uraian berikut ini :

Negara Kesatuan :
Negara kesatuan yaitu sebuah negara merdeka berdaulat yang mana untuk seluruh wilayahnya hanya dikuasai oleh satu pemerintahan saja yang mengendalikan seluruh daerah. Negara kesatuan tak berupa beberapa daerah dengan status negara bagian. Negara kesatuan ini bisa berupa : Negara Kesatuan sistem sentralisasi dan Negara kesatuan sistem desentralisasi. Negara kesatuan tipe pertama untuk semua urusan diputuskan pemerintahan pusat. Sementara pemerintahan di daerah tak memiliki hak mengelola wilayahnya sendiri namun cuma menjalankan kebijakan pusat saja. Negara kesatuan sistem desentralisasi yaitu pemerintahan di daerah diberikan kewenangan mengelola urusannya sendiri atau otonomi daerah.

Negara Serikat :
Negara serikat di namakan juga sebagai negara federasi. Istilah federasi diambil dari kata Fodeus dengan arti perjanjian. Pada negara serikat adalah dua atau lebih kesatuan politik yang sudah atau belum berupa negara yang membuat perjanjian untuk bersatu membentuk ikatan politik. Ikatan politik baru itu akan menjadi wakil mereka sebagai suatu kesatuan yang disebut pemerintahan Federal yang membawahi negara-negara bagian. Beberapa negara bagian tersebut semula merupakan negara yang berdiri sendiri. Setelah bergabung membentuk negara serikat, maka negara yang semula berdaulat tadi kini berubah menjadi negara bagian yang memberikan sebagian kekuasaan mereka untuk diserahkan pada negara serikat. Cuma kekuasaan yang dijelaskan itu saja yang diberikan pada negara serikat atau pendelegasian kekuasaan.