Memahami Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia

Mungkin sudah kodratnya jika manusia memiliki kecenderungan individual sehingga kebutuhan hidupnya berbeda satu dengan yang lain. Tak semua kebutuhan manusia bisa dipenuhi karena keterbatasan alat pemuasnya. Di lain pihak kebutuhan manusia selalu berubah, tiap kali kebutuhan yang satu tercapai maka muncul kebutuhan lain. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia :


- Tempat tinggal
Kondisi alam dimana manusia tinggal akan menyebabkan perbedaan kebutuhannya. Masyarakat yang bermukim di kawasan dingin tentu lebih membutuhkan baju tebal untuk menghangatkan tubuh mereka sementara yang masyarakat di gurun pasir tentu lebih nyaman dengan baju tipis.

- Peradaban
Kian maju peradaban orang-orang maka kian beragam pula kebutuhannya. Di awal keberadaan manusia, kebutuhan mereka tak banyak, namun hanya butuh makan yang bisa diambil langsung dari alam, baju dan tempat tinggal di gua-gua. Namun kini manusia modern memiliki segudang kebutuhan dan juga keinginan.

- Keyakinan
Faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia pun bisa dari agama yang dianutnya. Contohnya agama Islam mengharamkan penganutnya memakan daging babi dan sedangkan agama Hindu tidak membolehkan pengikutnya memakan daging sapi. Begitupun agama atau keyakinan lain pun memiliki larangan dalam hal makanan maupun perbuatan sehingga kebutuhan antara pemeluk agama yang satu akan berbeda dengan pemeluk agama lain.

- Adat kebiasaan setempat
Kebutuhan manusia pun ditentukan oleh adat-istiadat yang berlaku di masyarakat. Untuk contoh saja prosesi penguburan dan pernikahan bisa berlainan untuk tiap daerah. Perbedaan kebutuhan karena adat ini kemudian tak sebatas terkait dengan kegiatan formal akan tetapi juga mempengaruhi kebutuhan keseharian.

- Umur
Kian menginjak umur dewasa, kebutuhan manusia pun kian beragam. Saat masih balita tentu kebutuhannya berbeda dengan umur remaja. Begitu pula kebutuhan saat dewasa sampai menjadi tua akan berbeda-beda. Bila anak-anak membutuhkan mainan mungkin orang tua renta hanya butuh tongkat untuk membantunya berjalan.

- Status
Status sosial dan ekonomi di masyarakat pun punya andil mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia. Orang kaya atau pejabat tentu kebutuhannya tak bisa disamakan dengan mereka yang bekerja sebagai buruh pabrik. Orang dengan gaji hingga belasan juta per bulan akan memiliki kebutuhan yang lebih beragam dibanding mereka dengan penghasilan tak pasti.

- Hobi
Kian banyak kegemaran yang dimiliki seseorang maka makin beragam saja barang-barang yang dibutuhkan. Untuk mereka yang hobi mancing tentu tak hanya butuh joran dan mata kail, namun juga butuh set pakaian khusus pancing, sepatu khusus memancing dan juga topinya.

- Profesi
Tentu tak bisa disamakan kebutuhan antara petani, nelayan, sopir, pedagang, pegawai negeri dan sebagainya. Petani membutuhkan alat-alat pertanian sementara nelayan membutuhkan jala dan perahu. Pedagang pun memiliki kebutuhan berupa kios tempat berdagang, begitupun dengan profesi lain akan memiliki kebutuhan yang juga berlainan.