Kamis, 04 Februari 2016

Mari Memahami Pengertian Efektif dan Efisien Menurut Para Ahli

Perusahaan sering berbicara tentang efektivitas dan efisiensi karyawan ketika melakukan brainstorming cara-cara untuk meningkatkan bisnis. Kedua kata tadi sekilas memiliki arti yang sama meski kenyataannya sama sekali berbeda. Seorang karyawan yang efektif akan menghasilkan output tinggi, sementara seorang karyawan yang efisien menghasilkan output yang cepat dan tepat. Dengan menggabungkan efektivitas dan efisiensi maka perusahaan akan menghasilkan produk yang lebih baik, lebih cepat dan dengan lebih sedikit sumber daya. Membahas dua kata tadi, apa sebenarnya pengertian efektif dan efisien menurut para ahli?


Efektivitas dalam lingkup perusahaan adalah tingkat hasil dari tindakan karyawan dan manajer. Karyawan dan manajer yang menunjukkan efektivitas dalam kerja maka akan memberikan hasil yang berkualitas tinggi. Misalnya seorang karyawan yang bekerja di departemen penjualan. Jika dia efektif, dia akan membuat penjualan secara konsisten. Jika dia tidak efektif, dia akan berjuang untuk membujuk pelanggan mau melakukan pembelian. Perusahaan mengukur efektivitas seringnya dengan melakukan penilaian kinerja. Efektivitas tenaga kerja memiliki dampak yang besar terhadap kualitas produk perusahaan atau jasa yang kesudahannya akan menentukan reputasi perusahaan reputasi kepuasan pelanggan.

Efisiensi di tempat kerja adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu. Karyawan dan manajer yang efisien akan menyelesaikan tugas dalam waktu secepat mungkin dengan menggunakan sumber daya sesedikit mungkin dengan memanfaatkan strategi menghemat waktu. Karyawan dan manajer yang tidak efisien sebaliknya akan membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikan tugasnya. Misalnya, seorang manajer mencoba untuk berkomunikasi dengan lebih efisien. Dia bisa mencapai tujuannya dengan menggunakan email daripada mengirim surat kepada masing-masing karyawan. Efisiensi dan efektivitas bisa bersifat saling eksklusif. Seorang manajer atau karyawan yang efisien tidak selalu efektif dan sebaliknya. Efisiensi meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu dan uang.

Sedangkan pengertian efektif dan efisien menurut para ahli bisa disimak dari uraian singkat berikut ini. Robbins mendefinisikan efektivitas yaitu taraf pencapaian organisasi baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Efektivitas organisasi merupakan konsep mengenai efektif yang mana suatu organisasi atau perusahaan memiliki tujuan atas bisa produktif. Bamard menjelaskan jika efektivitas organisasi adalah kemahiran dalam menentukan tujuan spesifik organisasi yang harus objektif.

Pengertian efektif dan efisien menurut para ahli lainnya datang dari Schein yang dikutip dari buku karangannya dengan judul Organizational Psychology menjabarkan efektivitas organisasi adalah kesanggupan untuk tetap eksis, beradaptasi, menjaga diri sekaligus berkembang, terlepas dari beberapa fungsi tertentu dari organisasi itu. Sementara pengertian efektivitas datang juga dari Schemerhon John R. Jr. yang menyatakan Efektivitas yakni raihan target output yang diukur dengan membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau faktanya (OS). Patokannya bila nilai (OS) > (OA) maka bisa dikatakan efektif.

Pengertian efisiensi dari Mulyamah yakni : Efisiensi adalah sebuah ukuran untuk membandingkan rencana penggunaan input dengan penggunaan yang diwujudkan. Sementara SP.Hasibuan mengutip penjelasan dari H. Emerson menyatakan bahwa Efisiensi merupakan perbandingan terbaik dari input dan output. Efisiensi merupakan hal-hal yang kita lakukan berkenaan dengan menghasilkan output secara optimal tanpa menggunakan banyak waktu ketika tahap mengerjakannya.
Mari Memahami Pengertian Efektif dan Efisien Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum