Minggu, 21 Februari 2016

loading...
Kita sering mendengar tentang cuaca dan iklim sepanjang waktu. Sebagian besar orang kerap membaca ramalan cuaca lokal untuk merencanakan kegiatan di luar rumah yang hendaka dilakukan. Perubahan iklim di sisi lain saja merupakan  topik panas dalam pemberitaan akhir-akhir ini. Namun begitu masih banyak yang belum paham perbedaan cuaca dan iklim.


Membedakan antara cuaca dan iklim, mungkin anda bisa memikirkan pernyataan berikut ini : Iklim adalah apa yang Anda harapkan sedangkan cuaca adalah apa yang Anda dapatkan. Cuaca adalah apa yang Anda lihat di luar pada hari tertentu. Misalnya suhu hari ini 27 derajat Celcius dengan kondisi cerah atau suhu kemarin 20 derajat Celcius dengan cuaca hujan lebat, maka itulah cuaca. Sementara iklim adalah rata-rata cuaca misalnya, Anda mengharapkan hujan akan turun di bulan Januari atau panas saat bulan Juli, itu adalah iklim. Catatan iklim juga mencakup nilai-nilai ekstrim seperti suhu tertinggi atau jumlah curah hujan pada rentang waktu tertentu.

Jadi ketika kita berbicara tentang perubahan iklim, kita berbicara tentang perubahan rata-rata jangka panjang dari nilai-nilai cuaca harian. Di kebanyakan tempat, cuaca dapat berubah dari menit ke menit, jam ke jam, hari-hari, dan musim ke musim. Perbedaan cuaca dan iklim adalah ukuran waktu. Cuaca adalah kondisi atmosfer selama periode waktu yang singkat, dan iklim adalah bagaimana atmosfer "berperilaku" selama periode waktu yang relatif lama.

Jika musim panas tampaknya lebih panas akhir-akhir ini, maka iklim mungkin telah berubah. Di berbagai belahan dunia, beberapa orang bahkan menyadari bahwa musim semi datang lebih awal daripada 30 tahun yang lalu. Kondisi musim semi sebelumnya merupakan indikasi dari kemungkinan perubahan iklim telah terjadi sekarang ini. Selain perubahan iklim jangka panjang, ada variasi iklim jangka pendek. Variabilitas iklim tersebut dapat diwakili oleh perubahan periodik yang berhubungan dengan fenomena El Nino, La Nina, letusan gunung berapi, atau perubahan lain dalam sistem Bumi.

Cuaca pada dasarnya adalah cara atmosfer berperilaku, terutama sehubungan dengan dampaknya terhadap kehidupan dan aktivitas manusia. Perbedaan antara cuaca dan iklim adalah bahwa cuaca meliputi kondisi jangka pendek atmosfer (bisa menit hingga bulan). Kebanyakan orang berpikir cuaca berhubungan dengan perubahan tinggi rendah dari suhu, kelembaban, curah hujan, mendung, kecerahan, visibilitas, angin, dan tekanan atmosfer.
Sedangkan iklim adalah rata-rata cuaca dari waktu ke waktu.

Mempelajari iklim dan perubahan iklim sangat penting sebab fenomena alam tersebut memiliki dampak kepada penduduk bumi. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menaikkan permukaan laut, dan mengubah curah hujan dan kondisi iklim lokal lainnya. Perubahan iklim regional bisa mengubah kondisi hutan, hasil panen, dan pasokan air. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia, hewan, dan berbagai jenis ekosistem. Kawasan gurun mungkin saja akan bertambah luas atau taman nasional dan hutan nasional mungkin saja berubah secara permanen.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related :