Senin, 01 Februari 2016

Kenali Perbedaan Agama Katolik dan Protestan

loading...
Trinitas adalah inti dari ajaran agama kristen yang meliputi Bapa (Sang Pencipta), Putra (Yesus Kristus, Tuhan yang menjelma manusia) dan Roh Kudus (Tuhan di hati manusia). Dalam perkembangannya agama kristen berkembang menjadi 3 aliran gereja gara-gara silang pendapat dari sejumlah umatnya. Ketiga aliran itu adalah Kristen Ortodoks, Kristen Katolik serta Kristen Protestan. Berikut perbedaan Kristen (Protestan) dan Katolik. Di Indonesia sendiri hanya ada dua yang berkembang yaitu kristen katolik dan kristen protestan. Perbedaan agama katolik dan protestan setidaknya ada beberapa seperti berikut ini :


- Paus
Termasuk perbedaan agama katolik dan protestan yang utama yakni pengikut katolik mempunyai pemimpin tertinggi yang dinamakan Paus yang berkedudukan di kota Vatikan, Roma. Sedangkan agama kristen protestan tak mengakui adanya pemimpin tertinggi sejak abad pertengahan. Kejadiannya saat Paus Leo X hendak mendirikan gereja Basilika St. Petrus di Vatikan, biaya pembangunannya diperoleh dari menggalang dana pembangunan gereja lewat menjual surat pengakuan dosa. Praktek tersebut tak disetujui pendeta Martin Luther sehingga ia akhirnya memisahkan diri yang kini pengikutnya di sebut dengan kristen protestan.

- Denominasi gereja
Kristen Katolik melarang umatnya menafsirkan sendiri kitab suci mereka. Untuk tuga menafsirkan tersebut diserahkan kepada Magisterium atau kalangan ahli agama yang berkedudukan di kota Roma. Berbeda dengan agama Protestan yang memperbolehkan setiap pengikutnya melakukan penafsiran sendiri kitab suci. Bila pengikut Katolik boleh beribadah di gereja mana saja di seluruh dunia, itu tak berlaku untuk pengikut agama kristen protestan yang boleh jadi cuma mendatangi satu gereja yang sama.

- Deutero Kanonika
Meski sama-sama menggunakan kitab suci yang dinamakan Alkitab namun kitab suci agama Katolik lebih tebal sebab memiliki juga 12 kitab tambahan yang disebut Deutero Kanonika.

- Orang Kudus
Penggunaan nama dalam agama Katolik umumnya menggunakan nama baptis dengan akhiran -us misalnya : Paulus,  Petrus dan Fransiskus. Sementara pengikut Protestan memakai nama nabi misalnya : Samuel,  Abraham atau Daniel.

- Hirarki gereja
Agama Katolik mengenal hirarki pemimpin agama mulai dari romo atau pastur, uskup, kardinal dan berakhir paus. Dengan serta-merta berlaku juga hirarki gereja mulai dari kapel (gereja kecil), gereja paroki (tempat pastur), katedral (tempat uskup/kardinal) dan basilika (tempat paus). Sedangkan agama kristen protestan tak mengenalnya.

- Sakramen
Upacara suci yang dinamakan sakramen ini terdiri dari 7 macam untuk Katolik yakni Baptis (baru memeluk Kristen), Krisma (dilaukan ketika mulai remaja), Ekaristi (dilaksanakan tiap hari Minggu di gereja), Imamat (pentahbisan sebagai pastur), pernikahan, pengakuan dosa, dan pengurapan (dilakukan ketika kritis). Sedangkan untuk agama Protestan cuma ada Baptis dan Ekaristi.

- Pastur
Bila kristen Katolik khusus pria yang dapat menjadi pastur namun dalam kristen Protestan boleh laki-laki atau perempuan.

- Bunda Maria
Pengikut agama Katolik sangat memuja bunda Maria sedangkan pengikut Protestan dilarang mengkultuskan bunda Maria. Ketika masuk ke dalam gereja Katolik maka banyak dijumpai patung bunda Maria, yesus, santa dan bahkan malaikat. Sementara pengikut kristen Protestan melarang patung sebab dipandang sebagai berhala sehingga cuma ditemukan salib biasa.

- Perkawinan
Pastur sampai Paus dalam agama Katolik dilarang menikah sementara kristen Protestan pendetanya diperkenankan menikah.

- Ritual ibadah
Ritual ibadah untuk pengikut Katolik dinamakan misa, sedangkan untuk kristen Protestan dinamakan kebaktian. Pengikut Katolik berdoa dengan membentuk tanda salib menggunakan telunjuk kanan yang disentuhkan ke kening, dada, bahu kiri dan bahu kanan. Sedangkan pengikut kristen Protestan cuma melakukan ritual do'a biasa.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Perbedaan Agama Katolik dan Protestan