Rabu, 10 Februari 2016

Jelaskan Perbedaan Fakta dan Opini

loading...
Makin berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan makin banyaknya berita yang kita terima. Lewat media televisi, surat kabar, internet, jejaring sosial, portal berita dan lainnya banyak disajikan berita-berita terbaru. Banjir informasi tersebut tak semuanya didasarkan pada kenyataan yang sebenarnya. Oleh karena itu sering digunakan istilah fakta dan opini atas informasi-informasi tersebut.

Perbedaan fakta dan opini bisa dilihat dari definisinya. Sebuah fakta (dari bahasa latin Factus) adalah pernyataan yang dapat dibuktikan benar atau salahnya. Adapun opini (dari bahasa Inggris Opinion) adalah ekspresi dari perasaan seseorang yang tidak dapat dibuktikan. Opini dapat didasarkan pada fakta atau emosi dan kadang-kadang dimaksudkan untuk sengaja menyesatkan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk menyadari tujuan dan pilihan bahasa yang digunakan penulis. Kadang-kadang penulis memang membiarkan fakta berbicara sendiri. Salah satu ciri berita yang bersifat opini biasanya diawali dengan kata “agaknya”, “saya kira”, "seharusnya" atau menurut saya”.

Fakta dibedakan menjadi fakta umum dan fakta khusus. Fakta umum adalah kebenaran yang bisa dipegang sepanjang masa. Misalnya Matahari tenggelam di ufuk barat dan sebaliknya terbit di ufuk timur. Fakta Khusus yaitu kebenaran yang bisa dipegang untuk satu atau beberapa waktu tertentu. Misalnya Norman sedang membaca koran. Sementara opini dibedakan dengan opini perorangan dan opini umum. Opini perorangan misalnya : berlari sepanjang 100 meter saja sudah cukup membuat ngos-ngosan. Opini umum misalnya : makan terlalu banyak bisa memicu obesitas.

Beberapa contoh dari fakta : piramida ada di Mesir, memperkosa adalah perbuatan kriminal, dua ditambah dua adalah empat, istri Odysseus bernama Penelope, Susilo Bambang Yudhoyono terpilih menjadi presiden Republik Indonesia masa jabatan tahun 2009 hingga tahun 2014. Sedangkan contoh-contoh opini adalah : Ketoprak merupakan jenis makanan terlezat di Indonesia, dia merupakan perempuan tercantik yang pernah kutemui, kesuksesan AgnezMo selaku penyanyi dunia lantaran kenekatannya, perjalanan dari Jakarta ke Bogor butuh waktu lama, Anita nampak mempesona malam tadi, hidangan di meja makan itu tak begitu sedap.

Oleh karena itu ketika Anda membaca sebuah berita, penting untuk menilai apakah itu merupakan fakta atau hanya sebuah opini. Dengan begitu kita bisa menjadi lebih hati-hati untuk sampai pada kesimpulan yang tepat. Tanyakan pada diri Anda, "adakah fakta yang dapat diandalkan?" Atau hanya merupakan opini yang didasarkan pada fakta? Setelah Anda menjawab kedua pertanyaan tadi, Anda mungkin di jalur yang benar untuk menemukan fakta-fakta yang sebenarnya. Posisikan diri Anda sebagai seorang hakim yang sedang mengadili perkara.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jelaskan Perbedaan Fakta dan Opini