Senin, 08 Februari 2016

Coba Jelaskan Perbedaan Data dan Informasi

loading...
Kebanyakan orang sering mempertukarkan penggunaan istilah data dan informasi meski keduanya memiliki makna yang berbeda. Ada perbedaan data dan informasi yang harus diketahui sehingga nantinya tak salah dalam penerapan. Kedua kata ini sering digunakan dalam bidang teknologi informasi maupun bisnis. Perbedaan data dan informasi bisa dilihat dari asal kata, definisi dan penerapannya.

Data merupakan hal yang belum memiliki arti terhadap penerimanya sehingga masih membutuhkan pengolahan. Data ini dapat berupa sebuah kondisi, suara, gambar, karakter, bilangan, bahasa, matematika maupun berbagai simbol lain yang dapat dipakai untuk sarana mengamati lingkungan, obyek, fenomena maupun sebuah konsep. Informasi adalah produk dari pengolahan suatu model, pola, organisasi maupun sebuah perubahan bentuk dari data dengan nilai tertentu yang dapat dipakai sebagai penambah pengetahuan penerimanya. Bisa ditarik pengertian jika data boleh dinyatakan sebagai obyek sementara informasi merupakan sebuah subyek yang berguna untuk penerimanya. Informasi pun dapat dikatakan hasil pemrosesan atau pengolahan data.

Data adalah bentuk jamak datum yang diambil dari kata Romawi yang bermakna 'sesuatu yang diberikan. Pada pemakaian sehari-hari data memiliki pengertian sebuah pernyataan yang didapat dengan apa adanya. Pernyataan tersebut merupakan perolehan dari pengamatan atau pengukuran sebuah variabel yang bisa berbentuk bilangan, kalimat atau gambar. Data berdasarkan cara mendapatkannya dibedakan menjadi dua yaitu : data primer dan data sekunder. Data Primer diperoleh secara langsung dari obyek penelitian misalnya dengan cara wawancara. Data sekunder yakni data yang diperoleh dengan tak langsung atas obyek penelitian misalnya data yang diperoleh oleh pihak lain  seperti data statistik dari BPS.

Sementara informasi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Information diambil dari istilah dalam bahasa Perancis informacion yang juga diambil dari bahasa Romawi "Informationem" dengan arti "konsep atau ide atau garis besar". Informasi sebagai sebuah data yang telah diproses atau ditindaklanjuti sehingga menjadi sesuatu yang punya makna untuk penerimanya untuk dimanfaatkan.

Perbedaan data dan informasi bisa dilihat dari contoh berikut ini. Data dapat berupa jam kerja pegawai di suatu perusahaan. Data tersebut selanjutnya harus diolah agar bisa menjadi sebuah informasi berguna. Bila jam kerja tiap pegawai selanjutnya dikalikan besaran upah per jamnya maka akan diperoleh sebuah nilai tertentu. Bila gambaran gaji tiap pegawai selanjutnya ditotal maka akan diperoleh rekapitulasi gaji yang mesti dikeluarkan perusahaan. Penggajian adalah informasi untuk pemilik perusahaan.

Contoh lain untuk menjelaskan perbedaan data dan informasi. Terjadi kecelakaan di jalan raya, itu merupakan data. Setelah dilakukan pengolahan maka didapatkan informasi sebagai berikut. Terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Bekasi Timur malam tadi kurang lebih jam 00.00 dengan korban meninggal mencapai 8 orang, sementarra 6 orang luka ringan dan 2 menderita luka berat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Coba Jelaskan Perbedaan Data dan Informasi