Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Umur 1 Bulan

Kalangan kicaumania selalu saja terpesona dengan suara burung kecil dengan warna bulu yang cantik ini. Burung Kenari dengan aneka warna bulu ini sudah dari dulu berhasil memikat banyak orang untuk memeliharanya. Burung yang juga terkenal sebagai "fighter" ini memiliki kicauan yang indah dengan ciri khas lengkingan tinggi. Satu lagi kelebihan burung Kenari adalah mudah jinak dan mengenal siapa tuannya.

Dalam usaha penangkaran, burung Kenari pun tak mudah menderita stres sebab mereka gampang beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ada banyak jenis burung Kenari yang bisa dipelihara. Ada Kenari AF, Kenari Jambul, Kenari putih, Kenari Roller dan sebagainya. Bagi pemula tentu sulit membedakan jenis-jenis Kenari itu apalagi membedakan mana Kenari jantan dan mana yang betina. Hanya mereka yang berpengalaman saja yang bisa dengan cepat menentukan mana Kenari jantan dan mana yang betina tak terkecuali saat burung ini masih muda (anakan). Sebagai pemula tentunya harus banyak belajar menentukan jantan betina burung Kenari termasuk saat masih anakan.

Kendati cara membedakan Kenari jantan dan betina umur 1 bulan belum ada benar-benar 100 % benar namun ada beberapa yang patut dicoba. Semenjak Kenari berumur 3 hari pembuluh vena di perut biasanya turun ke lubang dubur. Hal ini terlihat di burung Kenari jantan sementara pada betina pembuluh vena tak terlihat. Pengamatan paling baik adalah sebelum tumbuh bulu sehingga pembuluh di bawah kulit nampak jelas.

Cara membedakan Kenari jantan dan betina ketika umur 5- 8 hari. Anak-anak burung Kenari dari satu induk diambil dan diletakkan di atas handuk dengan posisi berjajar. Amati, bakalan Kenari dengan lompatan paling jauh diduga adalah burung Kenari jantan. Ada lagi cara membedakan jantan dan betina, ketika anakan Kenari belum tumbuh bulu, amati bagian kepalanya. Kenari jantan memiliki bentuk kepala pipih sementara betina agak bulat.

Perhatikan area tulang belakang Kenari anakan. Untuk yang jantan, sepanjang tulang belakang memiliki warna lebih kaku dan lebih gelap sementara betina warna gelapnya tak sepanjang tulang belakang. Saat mencapai umur seminggu biasanya anakan Kenari memiliki mata yang mulai membuka. Untuk Kenari jantan memiliki mata sejajar paruh sementara yang betina posisi mata di atas paruh sehingga tampilan kepala terlihat membulat.

Cara membedakan Kenari jantan dan betina umur 1 bulan bisa juga dilihat dari tingkah laku saat diberi makan induknya. Untuk yang jantan biasanya berdiri paling tinggi dengan suara kencang. Sedangkan untuk yang betina karena memiliki kaki lebih pendek maka biasanya akan memperoleh suapan induknya lebih sedikit. Umur 1 bulan anakan Kenari biasanya mulai berlatih berkicau.