Langsung ke konten utama

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Dewasa

Kenari adalah burung mungil dengan bulu-bulu indah dan suara yang merdu. Burung kecil ini berasal dari keluarga burung finch yang asli dari Kepulauan Canary dengan masa hidup antara 10 hingga 15 tahun. Kenari memiliki berbagai warna mulai dari kuning hingga hijau, meskipun burung yang satu ini di penangkaran bisa dihasilkan berbagai warna seperti warna peach ataupun warna orange jeruk. Salah satu kesulitan dalam usaha penangkaran burung Kenari adalah membedakan jantan dan betina. Cara membedakan Kenari jantan dan betina dewasa cukup sulit terlebih bagi penangkar pemula.


Cara membedakan Kenari jantan dan betina dewasa pertama mungkin anda bisa mendengarkan saat burung bernyanyi. Burung Kenari jantan lebih sering bernyanyi daripada yang betina. Namun hal ini belum tentu benar sampai burung Kenari benar-benar sudah dewasa. Burung Kenari muda baik jantan maupun betina keduanya suka bernyanyi namun ketika dewasa, jantan akan memiliki suara yang lebih merdu dan bervariasi sementara yang betina cenderung jarang bernyanyi dengan suara yang datar.

Cara membedakan Kenari jantan dan betina dewasa pun bisa dilakukan dengan memperhatikan warna dan tekstur bulu. Untuk Kenari jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih cerah dengan tekstur yang lebih tipis sementara yang betina memiliki warna bulu lebih gelap dengan tekstur lebih dalam. Selain itu penangkar pemula pun bisa memeriksa area vent atau lubang dubur (kloaka) burung Kenari sebagai organ seks. Satu-satunya waktu untuk melakukan hal ini adalah ketika burung Kenari siap untuk berkembang biak. Vent pada Kenari betina akan muncul dengan bentuk oval dan rata sementara pada jantan memiliki pseudo penis dengan bentuk menyerupai tongkat dengan ukuran sebesar penghapus pensil.

Membedakan Kenari jantan dan betina dewasa pun bisa dilakukan dengan membandingkan posisi matanya. Dari gambar berikut terlihat dengan jelas perbedaan antara jantan dan betina. Jika Kenari jantan dan betina disandingkan sejajar dan posisi matanya diamati terlihat jika posisi mata betina lebih tinggi dibandingkan yang jantan.

Waktu terbaik sebagai cara membedakan Kenari jantan dan betina dewasa adalah selama musim kawin. Selama pacaran burung Kenari akan menunjukkan beberapa ritual atau perilaku sesuai jenis kelamin mereka. Burung Kenari jantan cenderung untuk menyanyi dengan intensitas tinggi untuk menarik perhatian Kenari betina. Jika ada sepasang burung Kenari di dalam sangkar mungkin anda akan melihat si jantan mencoba untuk memberi makan betina dengan menempatkan makanan langsung ke paruhnya. Kenari jantan pun biasanya menjadi lebih agresif. Sementara Kenari betina memiliki perilaku yang berbeda dengan mulai mempersiapkan sarang, mencari bahan-bahan yang berguna untuk menciptakan tempat yang aman dan lembut. Beberapa jenis Kenari betina mungkin juga menyanyi tetapi berhenti selama musim molting.



loading...
Theme Editor by Seo v6