Kamis, 11 Februari 2016

Beda PM dan AM dalam Pembagian Waktu

Pada kehidupan keseharian kebanyakan orang diatur dengan waktu. Waktu adalah bagian penting aktifitas setiap hari sehingga hidup kita menjadi teratur. Waktu dibedakan dengan pagi, siang, sore dan malam. Untuk Indonesia lazimnya menganut format 12 jam, dengan begitu ketika kita menyebutkan waktu maka akan ditambahkan penjelasan tambahan setelahnya contoh jam 4 sore , jam 3 pagi dan sebagainya. Format waktu 12 jam dalam standar internsional dibedakan menjadi AM dan PM. Lalu apa beda PM dan AM dalam waktu ini?

AM singkatan dari "ante meridiem", yang berarti "sebelum tengah hari" dalam bahasa Latin, sementara PM singkatan dari "post meridiem", yang berarti "setelah tengah hari" dalam bahasa Latin. Kebanyakan jam saat ini menggunakan format 12 jam sehingga 24 jam dalam sehari dibagi menjadi dua periode 12 jam-an. Ante Meridiem atau sebelum tengah hari yaitu antara tengah malam (00:00) hingga siang (12:00). Sementara Post Meridiem yaitu setelah tengah hari antara siang (12:00) hingga tengah malam (00:00). Ante meridiem umumnya dilambangkan sebagai AM, am, pagi atau A.M. sementara Post Meridiem biasanya disingkat dengan PM, pm, sore atau P.M.

Penggunaan tambahan AM atau PM adalah untuk mengidentifikasi apakah jam yang dimaksud adalah di pagi hari, sore atau malam hari. Waktu dengan format 24-jam menampilkan waktu yang dimulai sejak tengah malam. Jadi jam 23.00 pada format 24-jam di tanggal 15 Februari berarti 23 jam yang telah berlalu sejak tengah malam tanggal 15 Februari. Format waktu 24-jam juga kadang-kadang dikenal sebagai waktu militer. Kebanyakan jam digital menggunakan angka 00:00 dan 12:00 untuk menentukan tengah malam dan tengah hari.

Jika Anda diminta untuk menjemput seorang teman di bandara pada tengah malam tanggal 13 April mungkin anda bingung dengan pilihan akan pergi menjemput tengah malam pada awal hari tanggal 13 April atau tengah malam pada akhir tanggal 13 April? Bila mengacu pada tengah malam kadang-kadang dapat membingungkan karena bisa diartikan sebagai tengah malam pada awal hari atau tengah malam di akhir hari. Secara teknis, itu adalah waktu ketika transisi dari tanggal sebelumnya ke tanggal berikutnya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merujuk waktu dengan penulisan 00:01, 13 April atau 11:59 April 13 tergantung pada waktu yang Anda maksud. Atau menggunakan format 24-jam untuk merujuk kepada waktu. Misalnya, jika teman Anda meminta Anda untuk menjemputnya pada pukul 00:00 pada tanggal 13 April, Anda harus sudah ada di bandara pada awal tanggal 13 April. Sementara jika dia bilang untuk menjemputnya pada jam 24:00 pada tanggal 13 April, maka Anda harus sudah berada di bandara pada akhir hari tanggal 13 April.
Beda PM dan AM dalam Pembagian Waktu Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum