Langsung ke konten utama

Apa yang Harus Anda Ketahui Mengenai Perbedaan Informasi Verbal dan Non Verbal

Suatu informasi bisa dijelaskan atau diungkapkan berbentuk verbal atau nonverbal. Perbedaan informasi verbal dan non verbal adalah dari cara menyampaikannya. Jika informasi verbal berbentuk penjelasan, ulasan maupun uraian yang bisa diungkapkan baik lisan ataupun tulisan. Informasi verbal biasanya lebih gampang dimengerti. Sementara informasi non verbal kebanyakan berbentuk visual.

Berikut adalah contoh sebuah informasi verbal :

"Ali Akbar menuturkan bahwa UN (Ujian Nasional) seringnya malah memberikan penderitaan untuk sekolah swasta dan sekolah yang berada di pinggiran. Bagaimana tidak, sekolah pinggiran dengan sarana dan prasarana serta mutu SDM rendah bisa memenuhi standar pelayanan minimal (SPM). Tentu tak bisa dibandingkan dengan sekolah negeri di kota yang memiliki SPM lengkap. UN yang diadakan tiap tahun cuma akan memberikan masalah baru dan memboroskan APBN bila hasil ujian tahun sebelumnya tak diikuti dengan tindakan perbaikan mutu pembelajaran di sekolah dengan persentase kelulusan yang rendah".

Sedangkan informasi non verbal biasanya berbentuk visual baik itu berujud gambar, grafik, denah, diagram, bagan dan matriks.

- Grafik
Yaitu ilustrasi naik-turunnya suatu kondisi atau informasi yang ada menggunakan gambar atau garis. Grafik dibagi menjadi grafik garis,  grafik batang serta grafik lingkaran. Grafik batang merupakan penggambaran pasang-surut data berbentuk balok atau batang yang digunakan untuk memberikan titik berat pada perbedaan tingkat atau nilai dari beberapa bagian. Grafik garis yaitu penggambaran naik turunnya data berujud garis-garis yang dihubungkan dari titik-titik data dengan urut. Grafik model ini digunakan untuk mendeskripsikan perubahan dalam rentang kurun waktu tertentu. Grafik lingkaran merupakan ilustrasi dari pasang surut data menggunakan bentuk lingkaran dengan nilai persentase dari jumlah keseluruhan.

- Diagram
Merupakan gambar atau sketsa yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu. Model diagram diantaranya yaitu diagram balok, diagram arus, diagram gambar, diagram lingkaran, diagram garis dan diagram pohon.

- Bagan
Yakni visualisasi berbentuk analisis atau terjabarkan mengenai proses yang berlangsung di alam, alur teknologi ataupun mengenai masyarakat. Bagan difungsikan sebagai alat pendukung upaya menerangkan suatu proses kerja.

- Denah
Yakni gambar yang menerangkan jalan, peta, posisi sebuah kota atau gambar arsitektur sebuah bangunan.

- Peta
Yakni lukisan atau gambar di atas kertas yang memperlihatkan posisi persis daratan, sungai, gunung, lautan atau yang lainnya. Peta oun bisa berarti menjelaskan menggunakan gambar mengenai suatu wilayah dengan menyebutkan batas, ciri permukaan, sifat vegetasi dan sebagainya.
- Tabel
Yakni daftar yang memuat ringkasan serta serangkaian data yang lazimnya berbentuk kata dan angka yang tertulis dengan urut ke bawah dalam baris dan kolom tertentu dan digunakan garis pembatas yang membuatnya bisa dengan dengan mudah dan cepat dimengerti.

- Matriks
Berupa tabel yang dibuat dalam baris dan kolom dengan tujuan supaya poin-poin penjelasan yang dimasukkan bisa dibaca dari atas ke bawah sekaligus dari kiri ke kanan.


loading...
Theme Editor by Seo v6