Langsung ke konten utama

Apa Saja Perbedaan Margarine dan Mentega

Masyarakat awam mungkin masih bingung membedakan margarine dan mentega. Kedua bahan makanan ini memiliki banyak kegunaan mulai dari membuat roti, kue hingga untuk bahan olesan roti. Sebagian orang mungkin lebih suka dengan citarasa mentega dan sebagiannya lagi mungkin cocok dengan margarine. Meski penggunaannya cenderung sama, mentega dan margarin adalah dua produk yang sangat berbeda. Perbedaan margarine dan mentega utamanya adalah bahan baku pembuatnya dan jenis lemak yang dikandungnya.

Apakah mentega (Butter) itu?

Mentega adalah produk susu yang dibuat dengan cara mengaduk-aduk susu atau krim. Proses pengadukan berguna untuk memisahkan lemak susu (padatan) dari buttermilk (cairan). Mentega yang paling sering kita beli di pasaran terbuat dari susu sapi, meskipun beberapa jenis mentega pun ada yang terbuat dari susu domba, kambing, yak, atau kerbau. Biasanya mentega memiliki warna kuning pucat namun ada juga yang cenderung putih atau malah kuning tua, tergantung dari jenis pakan yang diberikan ke hewan ternak. Karena hanya terbuat dari satu bahan maka mentega dapat dibuat di rumah.

Anda mungkin pernah mendengar butter cream manis. Butter cream manis adalah mentega dimana krim yang digunakan untuk membuat sebelumnya sudah dipasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh patogen sehingga bisa mencegah pembusukan. Meski kebanyakan mentega yang ada di pasaran sudah dilakukan pasteurisasi namun ada juga beberapa yang dibuat dari susu mentah. Kualitas sebuah mentega ditentukan oleh kandungan lemak di dalamnya yang akan mempengaruhi rasa dan tekstur. Mentega berkualitas setidaknya mengandung 80 persen lemak. Tak heran jika mentega mengandung lebih tinggi kolesterol dan tinggi lemak jenuh dibanding margarin.

Apakah Margarine itu?

Margarin adalah produk non dairy yang dibuat sebagai pengganti mentega. Meskipun awalnya terbuat dari lemak hewan pada sekitar tahun 1800-an, namun saat ini bahan utama margarine adalah minyak nabati, air, garam dan emulsifier. Tidak seperti mentega, margarine tidak bisa dibuat sendiri di rumah sebab prosesnya cukup rumit. Seperti juga mentega, margarine pun memiliki kandungan lemak yang berkisar mulai 10 % hingga 90 %. Jika kadar lemak sedikit maka artinya kadar air pada margarine cukup tinggi. Karena terbuat dari minyak sayur maka margarine terbebas dari kandungan kolesterol dan lemak jenuh. Kandungannya terutama adalah lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal.

Melihat perbedaan margarine dan mentega maka dalam penggunaannya akan mempengaruhi pada rasa, tekstur dan gizi. Penggantian mentega dengan margarine saat digunakan membuat kue akan berakibat pada citarasa yang dihasilkan dan juga tekstur yang cenderung keras setelah dipanggang. Margarine memiliki variasi penggunaan yang lebih beragam dibanding mentega, salah satunya margarine bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng sebab sama-sama terbuat dari minyak sayur.




loading...
Theme Editor by Seo v6