Apa Perbedaan Iklim dan Cuaca? Berikut Penjelasannya

Saat ini kita sedang menghadapi cuaca yang tak menentu. Kadang udara sangat gerah bahkan hingga malam hari dan di lain waktu dinginnya luar biasa menusuk tulang. Itu semua katanya dipengaruhi oleh iklim yang berubah. Nah, lalu apa perbedaan iklim dan cuaca? Perbedaan iklim dan cuaca secara umum terletak pada kurun waktu terjadinya. Cuaca yakni keadaan atmosfer untuk periode cukup singkat. Sementara iklim yakni kondisi atmosfer yang berlangsung untuk waktu cukup lama.


Saat membahas mengenai perubahan iklim maka itu berkenaan perubahan rata-rata cuaca untuk jangka panjang. Misalnya saja di wilayah Korea Selatan sekarang ini beriklim salju sementara di wilayah Indonesia sedang menghadapi musim panas. Iklim dunia yang berlangsung sekarang ini memang mulai berubah. Salah satu buktinya ketika musim panas udara begitu gerah kemudian ketika musim dingin tiba tumpukan salju menggunung. Sama seperti musim semi yang terjadi lebih cepat dibanding puluhan tahun silam. Di samping perubahan iklim jangka panjang, terjadi juga variasi iklim jangka pendek misalnya dalam bentuk peristiwa alam el nino (musim kemarau lebih panjang) dan la nina (musim penghujan lebih panjang).

Definisi cuaca :

Cuaca merupakan sifat udara di atmosfer yang bisa memberikan akibat langsung pada kegiatan manusia. Kondisi cuaca terkait dengan temperatur udara, curah hujan, kelembaban, kecerahan, kejernihan, kecepatan angin, jarak pandang ataupun tekanan atmosfer. Di sebuah area cuaca dapat berubah bahkan dalam hitungan menit. Terdapat berbagai faktor pembentuk kondisi cuaca yaitu : matahari, awan, hujan, angin, salju, badai, aliran udara dan gelombang panas. Di Indonesia, dibentuk badan nasional yang akan memberikan informasi terkini dan juga perkiraan mengenai cuaca dan iklim yaitu BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Definisi iklim :

Iklim merupakan pola jangka panjang dari cuaca yang berlangsung di suatu wilayah yang luas. Sejumlah ahli menjabarkan iklim dengan rata-rata cuaca yang melanda suatu wilayah untuk rentang waktu tertentu. Iklim umumnya ditentukan oleh rata-rata curah hujan, temperatur udara, intensitas cahaya matahari, kelembaban, kecepatan angin serta beberapa fenomena alam yang lain. Meneliti iklim dengan perubahannya cukup penting sebab iklim bisa memberi pengaruh pada kehidupan manusia yang ada di muka bumi. Temperatur global yang terus meningkat diprediksi bakal meningkatkan level permukaan air laut serta berdampak pada iklim di suatu wilayah tertentu. Dengan mengetahui perubahan iklim maka manusia bisa mencegah kerusakan alam yang berdampak ke iklim global. Manusia pun bisa melakukan modifikasi cuaca untuk tujuan meningkatkan hasil panen, menambah persediaan air permukaan dsb.

Setelah mengetahui perbedaan iklim dan cuaca seperti dijelaskan di atas, keduanya pun memiliki persamaan. Persamaan cuaca dan iklim adalah keduanya dipengaruhi beberapa faktor yang sama yakni temperatur udara, tekanan udara, radiasi matahari, kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, paparan cahaya matahari, kondisi awan, petir dan juga embun.